Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Kalengdrum РTerdapat beberapa makhluk mikroskopis yang sangat jahat diluar sana yang tidak akan menyukai apapun selain menggigiti daging manusia dan terkadang sampai ke tulang.

Organisme mikroskopis pemakan daging pada manusia telah menyebabkan sejumlah penyakit yang sungguh mengerikan.

Apabila menginfeksi atau berparasit pada manusia, mereka menggerogoti jaringan kulit, daging, otot bahkan hingga sampai ke tulang-tulang.

Pengobatannya pun ada yang sederhana – cukup dengan anti-biotik atau anti-parasit. Hingga tersulit seperti transplantasi kulit dan daging atau bahkan, amputasi.

Terdapat banyak sekali contoh organisme mirkoskopis pemakan daging manusia diluar sana, berikut 4 diantaranya, seperti dirangkum dari The List Verse, Minggu (6/1/2019).

  • Virbrio Vulnificus

Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Vibrio Vulnificus sering ditemukan di tempat-tempat yang memiliki iklim hangat sempurna. Bagi bakteri untuk tumbuh dan juga memiliki badan air besar seperti yang tercatat di Florida, Amerika Serikat.

Seseorang dapat terinfeksi baik dengan masuk dalam air dengan luka terbuka atau mengonsumsi makanan laut yang kurang matang atau mentah, karena ia hidup dan berkembang dalam air garam.

Vibriosis, penyakit yang ditularkan dari genus bakteri Vibrio, bisa berakibat fatal.

Perlu dicatat, seperti disinggung di atas, bahwa infeksi V. Vulnificus secara teknis menyebabkan daging membusuk ketimbang organisme itu menggerogotinya. Tetapi perbedaan itu sangat tidak relevan ketika anda melihat potongan lengan anda hilang.

Yang lebih mengerikannya adalah bahwa V. Vulnificus tidak hanya menyerang daging permukaan tetapi dapat mengubur dirinya sendiri dan berada di bawah lapisan atau jaringan.

Ia bahkan dapat meresap ke dalam dan menyebabkan organ-organ internal membusuk dan akhirnya mati. Terkadang, orang kehilangan anggota tubuh karena penyakit ini.

Orang yang memiliki imun buruk serta orang-orang dengan masalah hati jauh lebih mungkin terinfeksi bakteri pembusuk daging ini.

Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (CDC) menyarankan untuk tidak makan ikan mentah atau setengah matang. Apabila anda ingin terhindar dari infeksi dan 80% kasus terjadi antara Mei dan Oktober, ketika airnya lebih hangat pada musim panas.

  • Donovanosis

Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Donovanosis, juga dikenal sebagai granuloma inguinale adalah penyakit yang berasal dari bakteri Klebsiella granulomatis. Ini relatif baru dan mungkin hal yang paling menakutkan di daftar ini.

Mengapa? Karena bakteri ini adalah penyakit menular seks (sexual transmission disease) pemakan daging.

Bakteri dapat menghancurkan daing di, sekitar atau pada alat kelamin dan dapat melakukan lebih banyak kerusakan jika mereka menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Kerusakan pada daging bagian luar dapat menyebabkan ruam yang besar, merah dan membuat lubang-lubang pada kulit anda berdarah. Penyakit ini biasanya membuat rumah awalnya berada pada lokasi didalam dan sekitar panggul tetapi dapat bekerja dengan cepat didalam tubuh anda dan masuk ke tubuh anda, serta merusak organ.

Jika itu tidak cukup buruk, dalam kasus ekstrim, Klebsiella granulomatis dapat masuk ke tulang anda jika tidak segera diobati.

Coba anda bayangkan, saat bangun disuatu hari menemukan alat kelamin anda dan daerah sekitarnya perlahan membusuk. Bahkan jika tidak dapat diobati, ini adalah hari yang tidak ingin dialami oleh siapapun. Oleh karenanya, jangna berhubungan seks sembarangan dan tanpa pengaman yang mumpuni jika tidak ingin tertular penyakit ini.

  • Naegleria Fowleri

Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Naegleria fowleri adalah amuba yang mampu menginfeksi otak pada kesempatan langka kala ia menghuni inang manusia.

Mahkluk berbahaya ini suka berada dan bereproduksi di air tawar. Membuatnya hidup di bawah kondisi iklim yang tepat. Meskipun mereka perlu melakukan perjalanan ke atas hidung dan masuk ke otak untuk “membajak” pikiran anda.

Bagaimana mereka melakukannya? Dengan mereproduksi dan menyebar dengan cepat dan kemudian perlahan-lahan menggerogoti otak anda, begitulah caranya.

Dalam kondisi tertentu. Amuba hanya terbentuk menjadi kista yang tidak aktif dan tidak melakukan banyak hal lainnya, tetapi jika kondisinya memburuk. Mereka akan menjadi aktif dan memakan inangnya,

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) mengatakan tentang mekanisme kematian dari amuba khusus ini: “Infeksi menghancurkan jaringan otak yang menyebabkan pembengkakan dan kematian.”

  • Mycobacterium Ulcerans

Waspada 4 Organisme Mirko ini Dapat Menggerogoti Daging Manusia

Mycobacterium Ulcerans adalah bakteri yang menyebabkan penyakit yang disebut ulkus buruli, yang memicu bisul muncul didalam kulit. Tetapi lebih dari ini, borok buruli juga merupakan kondisi dimana bakteri memakan daging.

Infeksi yang berkepanjangan akan menyebabkan bisul pada lengan dan tungkai, dan potongan daging yang sudah dimakan biasanya akan membusuk sering berjalannya waktu.

Hanya 10% dari kasus hadir dengan bakteri yang benar-benar memakan daging di bagian lain tubuh diluar anggota badan, tetapi itu masih sepuluh persen menakutkan.

Ketika bakteri menyebar. mereka menghasilkan racun yang disebut mycolactone, yang bertanggung jawab atas perusakan daging pada pasien yang telah tertular infeksi bakteri dan memungkinkannya untuk berkembang menjadi penyakit borok ulkus.

Selain kulit, legamen, otot dan jaringan lunak lainnya, penyakit ini jika tidak segera diobat, maka dapat menyebar ke tulang dan mulai memakannya di situ juga.

Sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana M, ulcerans mentransmisikan dari satu orang ke orang lain. Jadi kita tidak benar-benar tahu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari menjadi target berikutnya.

Semoga suatu hari nanti, ilmu pengetahuan akan mengembangkan metode untuk memberantas bakteri ini serta perawatan baru dan unik, tetap untuk saat ini, kita terjebak dengan pengetahuan dan juga pilihan pengobatan yang terbatas.

 

 

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *