Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Kalengdrum – Dalam ilmu fisika, radias dideskripsikan sebagai setiap proses dimana energi bergerak melalui media atau melalui ruang dan akhirnya diserap oleh benda lain. Radiasi tercipta dari energi yang memancar ke segala arah dari suatu sumber. Radiasi tidak hanya berasal dari senjata nuklir atau zat radioaktif lainnya.

Radiasi juga dapat ditemukan pada gelombang radio, cahaya infrared, serta sinar ultra violet. Sebenarnya radiasi memiliki banyak kegunaan di kehidupan sehari-hari, selain untuk pembangkit tenaga listrik tentunya. Berikut 7 kegunaan radiasi yang perlu kamu ketahui.

  • Foto Sinar-X

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Wilhelm Rontgen menempatkan penemuan radiasi X-Ray untuk digunakan seabgai pengobatan pada tahun 1895 dengan mengambil gambar tulang di tangannya. Sejak saat itu sulit membayangkan prosedut medis modern atau diagnosis tanpa terlebih dulu memindai lewat sinar-X. Dengan memungkinkan dokter melihat ke dalam tubuh kota dan melihat apa yang terjadi, proses media pun menjadi lebih aman dan efektif.

  • Pengobatan dengan Zat Radioaktif

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Salah satu bahaya terbesar dari radiasi nuklir adalah tertelannya partikel kecil radioaktif yang dapat menyebabkan tubuh manusia terkena kanker dan penyakit lainnya. Sebaliknya, zat radiotaktif juga bisa digunakan dalam diagnosis penyakit dan pengobatannya. Dengan mengirimkan bahan radioaktif ke seluruh tubuh, dokter dapat melihat radiasi yang keluar dan menentukan segala macam hal yang penting seperti mengenai fungsi organ aliran darah dan bahkan mendeteksi jenis kanker tertentu.

  • Detektor Asap

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Kalau kamu pernah mengganti baterai pada detektor asap, pasti kamu pernah melihat bagaimana peringatan bahwa ada zat radioaktif didalam perangkat. Banyak detektor asap yang lebih tua menggunakan zat yang memancarkan radiasi amerisium 241, untuk mendeteksi asap. Ketika partikel asap memutuskan aliran radiasi antara amerisium dan detektor, alarm akan berbunyi dan memberikan kamu beberapa detik untuk keluar dari rumah atau mematikan alat elektronik yang masih menyala.

  • Sterilisasi/Iradiasi

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Pasien dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan membutuhakn transfuri darah sangat rentan jika terkena antibodi asing atau bakteri dari darah donor. Solusi masalah ini adalah dengan mengekspos darah yang disumbangkan dengan radiasi untuk membunuh antibodi yang tidak diinginkan sambil menjaga sel-sel darah tetap utuh.

Proses yang sama juga memperpanjang umur beberapa makanan favorit pasien. Biasanya makanan disterilkan dengan panas (pasteurisasi) untuk membunuh bakteri atau didinginkan untuk memperlambat pembusukan.

  • Mutasi Genetik

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Kemampuan radiasi untuk mengacaukan DNA sering kita temui di buku komik ataupun film. Namun, bisakah kemampuan tersebut dimanfaatkan untuk kebaikan? Dengan mengekspos bibit dengan dosis radiasi, petani bisa menyebabkan mutasi genetik dalam biji mereka dengan sengaja. Mutasi ini tidak seperti yang kamu bayangkan di komi8k atau film. Mutasi dari radiasi benar-benar dapat membantu petani mengembangkan sifat-sifat tanaman yang berguna, seperti kebal terhadap serangga dan pestisida.

  • Alat Ukur di Bidang Industri

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Perangkat khusus atau pengukur yang memanfaatkan radiasi sudah digunakan diseluruh manufaktur dan industri modern, Kegunaannya adalah membuat pengukuran yang super akurat untuk mengukur barang yang umumnya tidak terdeteksi dengan cara konvensional lainnya.

Jika kamu ingin nuntuk memeriksa cacat pada pengelasan, kadar cairan dalam sistem tertutup, atau ingin membuat pengukuran yang akurat, pengukuran fisik kecil, radiasi adalah opsi pertama yang bisa kamu gunakan sebagai alat pengukur.

  • Keamanan

Tidak Selalu Dicap Berbahaya, Ini 7 Manfaat Radiasi Dalam Kehidupan

Kalau kamu pernah pergi ke airport dalam waktu dekat ini, mungkin kamu familiar dengan bagian pemeriksaan bagasai dengan sinar-X. Dengan memanfaat spektrometer mobilitas ion, mesin ini mampu mendeteksi unsur bahan peledak untuk memastikan penerbangan kamu aman hingg sampai tujuan. Selain bahan peledak, mesin ini juga bisa mendeteksi narkotika dan barang-barang mencurigakan lainnya.

Itulah ke-7 dari sekian banyak kegunaan radiasi dalam kehidupan sehari-hari. Walau terkenal berbahaya, ternyata radiasi juga bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat untuk mempermudah hidup manusia.

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *