Cacing Dengan Senyum Mengerikan Ditarik dari Dasar Laut

Cacing Dengan Senyum Mengerikan Ditarik dari Dasar Laut

Kalengdrum – Nelayan Russia Roman Fedortsov mempunyai kebiasaan menarik makhluk menjijikan dan aneh dari laut dalam. Terbaru, pria itu berhasil menangkap cacing laut yang “tersenyum”, namun dengan mimik yang menakutkan.

Dalam video yang diunggah Fedortsov di Twitter pekan lalu, bagian kepala cacing laut itu tampak menunjukkan raut wajah yang berubah-ubah, hingga pada satu titik, menunjukkan mimik seakan tersenyum seperti makhluk dalam film-film fiksi sains atau horror.

Video itu diunggah Fedortsov pun dilengkapi dengan suara latar bernada melengking, seolah-olah cacing itu mengeluarkan jeritan kala tersenyum. Namun suara tersebut bukan berasal dari hewan melata itu.

Cacing Dengan Senyum Mengerikan Ditarik dari Dasar Laut


Namun, Fedortsov mengatakan dalam tweet-nya, “Jika makhluk itu bisa berteriak, ia akan berteriak seperti ini”, tulisnya seperti dikutip dari situs sains LiveScience, Kamis (22/11/2018).

Tapi ternyata, menurut Mark Siddall, seorang kurator di American Museum of Natural History, Divisions of Invertebrate Zoology, cacing didalam video Fedortsov tidak benar-benar tersenyum.

Seperti dikutip dari LiveScience, apa yang sekilas dipersepsikan sebagai senyuman, hanyalah efek sudut kamera dalam proses perekaman dan bukan anatomi sesungguhnya dari hewan melata tersebut.

Apa yang tampak sebagai “kepala” cacing adalah, pada kenyataannya, faring yang dapat ditarik bersamaan dengan rahangnya dan bisa berkontraksi untuk mengambil makanan. Ketika faring diselipkan ke tubuh cacing, wajahnya terlihat tersenyum.

Cacing dalam video Fedortsov adalah Polychaete, atau cacing bulu laut. Dinamakan demikian karena mereka memiliki bulu kecil  yang disebut chaetae disekitar tubuh mereka, yang membantu mereka dengan cepat bergerak di laut, merayap di liang-liang karang atau berenang, menurut National History Museum of Los Angeles County.

Lebih khususnya lagi, cacing itu mungkin masuk dalam keluarga nereids, menurut Mark Siddall.

Polychaetes muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk serta hidup di berbagai habitat dan lubang hidrotermal ke terumbu karang.

Jadi, cacing-caing tersenyum dan bergerombol itu kemungkinan ada diseluruh habitat laut, meskipun mungkin sayangnya, tidak benar-benar tersenyum.

Baca Juga: Lukisan Erotis Tentang Ratu dan Angsa Ditemukan di Pompeii

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *