85 Juta Tahun Lalu, Reptil Terbang Raksasa Dimakan Oleh Hiu

Kalengdrum – Sekitar 85 juta tahun lalu, hiu prasejarah menakutkan berhasil mengigit reptil terbang raksasa, karena hal inilah ia harus kehilangan giginya.

Hal tersebut diungkapkan oleh ilmuwan University of Southern California setelah meneliti fosil menakjubkan dan hasilnya diterbitkan dalam jurnal PeerJ.

Fosil reptil terbang raksasa dari spesies pterosaurus yang dikenal dengan julukan Pteranodon pertama kali ditemukan di wilayah Smoky Hill Chalk of Kansas (dulunya Samudra) pada 1960-an. Sejak saat itu, ia disimpan di Museum Sejarah Alam Los Angeles County.

Sekitar 85 Juta Tahun Lalu, Reptil Terbang Raksasa Dimakan Oleh Hiu

85 Juta Tahun Lalu, Reptil Terbang Raksasa Dimakan Oleh Hiu

Belakangan ini baru para ahli mengamati fosil tersebut dan menemukan adanya gigi hiu berukuran satu inci yang tersangkut di tulang belakang Pteranodon.

Berkat pengalaman itu, fosil Ptenarodon memberi gambaran langka mengenai kehidupan satwa liar di era dinosaurus.

“Kami menemukan adanya bekas gigitan hiu pada tulang Pteranodon, jejak gigi hiu tertinggal disana,” kata David Hone dari Queen Mary University London.

“Kami memiliki lebih dari 1.100 fosil Pteranodon dan ratusan fosil pterosaurus lainnya, namun ini adalah (fosil) kedua dimana ada gigi tersangkut di tulangnya. Fosil lain adalah pterosaurus Kanada yang hidup di darat dan pada tulangnya ditemukan gigi dinosaurus lainnya. Hal seperti ini sangatlah langka,” imbuh David dilansir dari Newsweek, Kamis (20/12/2018).

David menuturkan, Pteranodon adalah pterosaurus laut raksasa yang hidup seperti burung camar raksasa atau albatros. Ukuran mereka bisa mencapai 7 meter dengan bentangan sayap sekitar 5 meter.

Meski ukurannya cukup besar, Pteranodon adalah makanan lezat bagi hiu penjelajah lautan purba.

Para ahli menekankan, mereka tidak tahu pasti apa yang terjadi dalam pertarungan itu dan bagaimana akhir ceritanya. Ahli hanya bisa menduga, kemungkinan Pteranodon terbang sangat dekat dengan air ketika ada hiu mengincarnya.