8 Penelitian Tentang Alien Sepanjang Tahun

Kalengdrum – Alien masih menjadi misteri yang terus dicari oleh umat manusia. Pencarian ini bahkan akan terus diseriuskan oleh para ilmuwan.

Setidaknya, tercatat ada 8 penelitian tentang alien yang dilakukan oleh para ilmuwan dunia. Apa saja hasilnya?

8 Penelitian Tentang Alien Sepanjang Tahun

• Tanda-Tanda Bahwa Alien Ditemukan 10 Tahun Lagi

Ilmuwan di Inggris memperkirakan tanda kehidupan alien akan ditemukan oleh manusia dalam 10 sampai 20 tahun mendatang.

David Clements, ilmuwan dari Imperial College London tersebut mengatakan bahwa pengamatan tata surya dan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini membuat peluang untuk menemukan kehidupan di luar bumi dalam waktu dekat dan semakin besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Clements dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of British Interplanetary Society.

• Kunjungan Alien ke Bumi

Baru-baru ini beberapa kantor berita AS mengisahkan seorang ilmuwan Badan Antariksa AS (NASA), Silvano Colombani yang menyebutkan bahwa alien mungkin sudah pernah mengunjungi Bumi.

Berita ini ditulis berdasarkan sebuah dokumen di situs miliki NASA. Colombano yang bekerja untuk divisi Sistem Inteljen Agen Luar Angkasa mengakui memang benar telah menulis dokumen tersebut.

Dalam hal ini, Colombano memang benar-benar percaya bahwa kemungkinan saja alien pernah datang mengunjungi Bumi. Meski begitu, terdapat beberapa perbedaan kecil yang perlu diluruskan.

“Dokumen ini konteksnya adalah persentasi yang disampaikan pada musim semi lalu dalam pertemuan SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) Institut,” ujar Colombano.

• Alasan Alien Masih Belum Ditemukan

Alam semesta begitu luas dengan hadirnya banyak galaksi, tata surya dan juga planet. Ini memunculkan ide bahwa adanya kehidupan cerdas lain di luar Bumi.

Sayangnya, hingga saat ini tenda-tenda kehidupan ekstraterestrial itu sampai sekarang masih belum pernah ditemukan.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, bagaimana alien masih belum ditemukan jika benar-benar ada di Bumi.

Dilansir dari Business Insider, Selasa (18/09/2018), terdapat 3 teori yang menjelaskan mengapa kita masih belum menemukan alien. Ketiga hal tersebut adalah alien yang sedang berhibernasi, iklim yang tidak stabil serta lingkungan berbeda antara manusia dengan alien.

• Alien Berwarna Ungu

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasi dalam International Journal of Astrobiology, para ahli menyebutkan bahwa kehidupan awal di Bumi berwarna ungu.

Para tim peneliti berpendapat, sebelum tanaman hijau mulai memanfaatkan kekuatan matahari untuk energi, organisme ungu kecil sudah melakukannya.

Gagasan bahwa Bumi awalnya berwarna ungu sebenarnya bukanlah hal yang baru. Shiladitya Das Sarma, ahli mikrobiologi dari Universitas Maryland School of Medicine pernah mengajukan teori ini pada tahun 2007 lalu.

Bagi Das Sarma, kehidupan awal yang berwarna ungu ini juga dapat diterapkan dalam pencarian kehidupan asing di ruang angkasa.

Artinya, para ahli mikrobiologi ini berpikir mengenai bahwa alien juga berwarna ungu.