7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi , Terkadang mimpi terasa sangat nyata, sampai kita tidak menyadari bahwa sebenarnya sedang bermimpi hingga terbangun. Akan tetapi, bagi sebagian orang, mereka tentu sadar bahwa sedang bermimpi dan mampu mengendalikan mimpi dan menjadikannya realitas impian mereka. Hal inilah yang disebut mimpi sadar atau lucid dream.

Fenomena lucid dream memang terdengar seperti cerita-cerita dalam film sci-fi yang tidak masuk akal. Namun perlu diketahui kalau kondisi seperti ini benar-benar nyata dan bisa dialami siapapun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 7 fakta unik mengenai lucid dream yang wajib diketahui.

  • Satu dari lima orang yang mengalami lucid dream setiap satu bulan sekali atau lebih

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Pada tahun 1988. Synder & Gackenback melakukan survei yang menemukan bahwa 20% orang mengaku mengalami lucid dream setiap bulan, sementara sebanyak 50% orang telah melakukannya setidaknya sekali dalam hidup mereka. Jadi, lucid dream bukanlah hal yang langka, bahkan sebenarnya sangat normal untuk memiliki kontrol terhadap mimpi.

Lucid dream membangunkan bagian otak yang bertanggung jawab atas kesadaran diri, dan memberi si pemimpi untuk menyadari bahwa dia pasti sedang bermimpi. Beberapa orang yang tahu akan fakta ini sanggup membangunkan diri mereka sendiri, sementara yang lain akan membiarkan sampai mimpi itu berakhir.

Selama dia bisa ingat bahwa lucid dream bisa “dibuat” dengan sengaja, dia akan menggunakan imajinasinya sebelum tidur untuk memvisualisasikan mimpi apa yang diinginkan. Kemudian dia akan melebur ke dalam mimpinya dan mengalami kontrol mimpi dengan sangat intuitif.

  • Ketika kamu menutup mata dalam Lucid Dream, kamu bisa langsung terbangun

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Ketika kamu mengalami lucid dream yang buruk dan terlintas dalam benak bahwa tidak ada yang nyata saat itu, kamu cukup memejamkan mata dan tubuhmu akan terbangun secara terpaksa. Namun, jika secara tak sengaja bangun dari mimpi yang indah, ada cara untuk melanjutkan mimpi tersebut. Hal itu disebut Dream-Exit Induced Lucid Dream (DEILD).

Singkatnya, selama kamu dapat menjaga tubuhmu tetap stabil (agar tidak mengganggu REM atonia) dan segera menutup mata, kamu pasti akan kembali ke dalam mimpi sebelumnya. Seperti mengganti saluran di TV, selama beberapa detika kedua realitas itu ada, dan kamu bebas untuk memilih kembali ke mimpi sebelumnya atau memulai mimpi yang baru.

  • Meditasi sangat baik untuk mempertahankan kesadaran diri dalam lucid dream

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Ada hubungan ilmiah yang terbukti antara meditasi dan lucid dream. Semakin sering melakukan meditasi, maka akan semakin mudah mengenali wujudmu sendiri di dalam mimpi. Terlepas dari hal tersebut, meditasi juga dapat memberikan dampak yang mendalam pada hidupmu.

Meditasi dapat membantumu mencapai keadaan relaksasi yang menyenangkan. Hal inilah yang membantumu untuk memasuki kondisi mimpi yang dapat kamu ubah sesuka hati (Wake Lucid Dreams) serta meningkatkan kesadaran diri dalam mimpi (Dream Lucid Dreams Impuced).

  • Lucid Dream sama seperti mimpi normal lainnya

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Mimpi adalah manifestasi visual tanpa sadar dari informasi dan kenangan yang sudah ada di dalam kepala kita. Itulah sebabnya semua citra dalam mimpi kita terlihat akrab. Secara teknis mungkin ada karakter atau tempat baru dalam mimpi, tetapi sebenarnya itu semua adalah gabungan dari hal-hal yang sudah kita lihat sebelumnya.

Mekanisme saraf yang memungkinkan otak kita untuk “melihat” kenyataan mimpi mungkin adalah mekanisme yang sama saat kita membayangkan masa depan (melamun). Satu-satunya perbedaan adalah, bahwa dalam lucid dream sepertinya apa yang kita “lihat” adalah kenyataan.

  • Para Ilmuwan belum yakin tentang pemicu kesadaran diri dalam lucid dream

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Studi kasus menunjukkan bahwa gelombang otak terlihat hampir sama pada orang yang mengalami lucid dream dengan orang yang mengalami mimpi normal. Jadi sulit untuk menentukan mekanisme atau bagian otak mana yang bekerja selama lucid dream. Lucid dream jelas sulit untuk dipelajari karena sepenuhnya bergantung pada laporan setelah kamu bangun.

Hasil studi juga belum mengamati peningkatan yang cukup signifikan dalam detak jantung atau pernafasan untuk menunjukkan perubahan fisik dalam tubuh selama lucid dream. Tetapi para ahli sepakat bahwa apapun yang memicu lucid dream pasti dari dalam otak, dan bukan stimulus eksternal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lucid dream mungkin disebabkan oleh korteks frontal yang terlalu aktif selama tidur, tetapi hal ini belum dapat dibuktikan.

  • Lucid Dreaming bisa diasumsikan sebagai keterampilan bawaan

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Para ahli sepakat bahwa kemampuan untuk mewujudkan mimpi mungkin hanya kemampuan bawaan atau keterampilan alami yang dimiliki sebagian orang sejak lahir. Menurut sebagian orang, kemampuan lucid dream hanyalah hal aneh yang telah kamu dapatkan. Dan seperti keterampilan lainnya, kamu bis amembuat lucid dream baik dengan latihan.

Para lucid dreamer dapat mengembangkan keterampilan mereka sehingga mereka dapat bertindak lebih baik atas permintaan atau bahkan menemukan solusi kreatif untuk masalah dalam mimpi mereka. Teknik-tekniknya mungkin bervariasi, tetapi sebagian besar melibatkan beberapa bentuk sugesti atau melakukan latihan mental tertentu sebelum tidur.

Begitupun dengan tingkat kesadaran dan kontrol dalam lucid dream yang bervariasi. Bahkan lucid dreamer yang terampil jarang memiliki kontrol penuh, dan apa yang dapat mereka lakukan dengan kontrol itu terbatas. Sama seperti mimpi biasa, terkadang beberapa lucid dream cenderung lebih jelas dan intens daripada yang lain.

  • Terlepas dari apa yang telah kamu lihat atau baca, lucid dream tidak akan benar-benar mempengaruhi kehidupan nyatamu

7 Fakta Unik Tentang Lucid Dream Si Pengontrol Mimpi

Lucid dreaming sangat dibesar-besarkan dalam film-film sci-fi seperti Inception dan Waking Life, yang mengaburkan batas antara kehidupan impian dan kehidupan nyata. Karenanya, lucid dream bukanlah cara untuk memperbaiki kesalahan masa lalu atau mencoba membuat situasi yang berbeda untuk mempengaruhi masa depan.

Beberapa orang bahkan takut pada lucid dream karena mereka pikir mereka akan terjebak di dalam mimpi itu. Atau jika terbunuh dan mati dalam mimpi jernih berarti mereka akan mati dalam kehidupan nyata. Sebenarnya, lucid dream itu benar-benar hanya mimpi normal dimana kamu menyadari bahwa kamu sedang bermimpi.

Dan seperti mimpi biasa lainnya, tidak ada manfaat nyata dari lucid dream selain memiliki mimpi yang menyenangkan dan mengesankan. Sejauh ini, tidak ada keuntungan yang terbukti dari melakukan lucid dream.

Nah, itu tadi ke-7 fakta unik tentang lucid dream. Bagaimana, apakah kamu sudah pernah mengalaminya? Jika belum, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *