Ulang Tahun Google Ke-20 Inilah Perjalannya di Indonesia

Ulang Tahun Google Ke-20 Inilah Perjalanannya di Indonesia – Hari ini, Kamis (27/09/2018) Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-20. Selama 20 tahun beroperasi sampai ke seluruh penjuru dunia, Google telah membawa banyak sekali perubahan di era digital seperti sekarang ini.

Bisa dibilang, sudah miliaran penduduk dunia mulai bergantung pada Google didalam kehidupannya. Hal ini disesuaikan dengan data traffic Alexa, yang menempati Google sebagai situs nomor 1 didunia yang paling banyak dikunjungi.

Timbulnya ketergantungan masyarakat milenial terhadap produk-produk yang dikembangkan oleh Google.  Mulai dari mesin pencari Google Search, Google Photo, Google Maps, Google Translate,  Asisten Virtul dan masih banyak lagi.

Layanan-layanan seperti itu pun semakin canggih dan adiktif dari hari ke harinya. Lalu bagaimanakah perjalanan Google menuju Indonesia, di negara yang memiliki 143 juta pengguna internet.

ULANG TAHUN GOOGLE KE-20 INILAH PERJALANANNYA DI INDONESIA

Ulang Tahun Google Ke-20, Inilah Perjalannya di Indonesia

  • Masuknya Bahasa Indonesia

Pada tahun 2008 lalu, Bahasa Indonesia sudah mulai tersedia didalam mesin alih bahasa besutan Google seperti Google Translate. Bahasa Indonesia yang masuk bersamaan dengan jajaran bahasa lainnya seperti Hebrew, Tagalog dan Vietnam.

Google Translate tidak hanya dapat menerka terjemahan yang ada didalam format akan tetapi juga dalam format suara. Dalam pembaruannya ini, Google Translate mulai didukung terjemahan dengan memindai huruf dari foto. Selain dengan cara online, pengguna juga dapat memanfaatkan Google Transalte secara offline.

  • Datangnya YouTube

Berselang 4 tahun, tepatnya di tahun 2012. Google meluncurkan situs berbagi video Youtube ke Indonesia. Tidak butuh waktu yang lama, Youtube sangat cepat digandrungi oleh para milenial. Sampai hari ini, Alexa mencatat Youtube sebagai situs ke-3 di Indonesia yang paling banyak dikunjungi.

YouTube pun berkembang menjadi peluang usaha baru dan melahirkan para konten kreator yang disebut dengan YouTuber. Jumlah YouTuber ini pun semakin bertambah banyak dari waktu ke waktu.

  • Masuknya Bahasa Bali

Tahun 2013 lalu, mesin pencari Google Search juga menambahkan Bahasa Bali. Bahasa daerah kedua setelah bahasa Jawa yang didukung Google pada laman google.co.id. Akan tetapi Bahasa Bali tidak merambah sampai ke Google Translate seperti Bahasa Jawa.

  • Gambar Street View dan Doodle

Tahun 2014 lalu, Google telah meluncurkan Google Street View ke Indonesia dan 86 negara lainnya. Google Street View juga menampilkan beberapa objek, termasuk tempat-tempat wisata di Indonesia seperti Monumen Nasional dan Candi Borobudur.

Tidak hanya itu, untuk turut merayakan hari-hari khusus, Google juga telah membuat Google Doodle. Sejak peluncurannya pertama kali, Google telah membuat lebih dari 2.000 google di seluruh dunia. Indonesia juga sering mendapatkan tema khusus Doodle yang dirancang oleh seniman Indonesia. Seperti tema Sumpah Pemuda, Hari Kemerdekaan ataupun memperingati tokoh-tokoh penting di Indonesia.

  • “OK Google” Bahasa Indonesia

Google yang semakin mempercanggih kemampuannya didalam mesin pencarian. Di tahun 2015, Google telah meluncurkan sebuah opsi pencari dengan perintah suara yang dengan hanya menyebutkan “Ok Google”. Fitur ini juga telah bekerja dalam format Bahasa Indonesia dengan penambahan kata kunci pencarian setelah mengucapkan “Ok Google”.

 

Baca Artikel Lainnya: Akhirnya YouTube Kids Sudah Tersedia di Indonesia

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *