Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia – Selain manusia, koala memiliki sidik jari identik. Seandainya ada polisi koala, mereka pasti dapat menangkap pelaku kejahatan dengan cepat.

Untuk diketahui, kolala bukan satu-satunya non manusia yang memiliki sidik jari. Simpanse dan gorila juga memiliki pola khas pada jari mereka. Hal menarik dari sidik jari hewan marsupial seukuran boneka ini adalah mereka mengembangkan keinstimewaan itu seara independen.

Baca juga: Beberapa Aplikasi Ini Perlu Ada di Smartphone Kamu Sebelum Traveling

Kisahnya begini, pohon kehidupan evolusi primata dan leluhur koala modern bercabang 70 tahun lalu. Para ahli berpikir bahwa sidik jari yang dimiliki koala berevolusi terakhir, karena kerabat terdekat mereka seperti kangguru dan wombat tidak memilikinya.

Selama berabad-abad para ahli anatomi memperdebatkan fungsi sidik jari koala. Menurut tim ahli anatomi dari Universitas Adelaide, Australia yang menemukan sidik jari koala pada 1996, pola khas itu membantu koala dalam menggenggam makanan dan mengontrol gerakan.

Baca juga: Sains Menunjukkan Karakter Berpasangan Menentukan Kesuksesan dalam Hidup

“Koala mencari makan dengan memanjat pohon secara vertikal dan menuju cabang pohon eucalyptus berukuran kecil. Mereka menjangkau, memetik, menggenggam daun, kemudian memasukkannya ke dalam mulut,” tulis para ilmuwan saat itu seperti dilansir Live Science, (03/05/2011).

“Oleh sebab itu, sidik jari pada koala adalah hasil adaptasi biomekanik untuk menggenggam makanan dan memengaruhi mekanis multi arah pada kulit. Kekuatan pada sidik jari dapat mengontrol gerakan dan tekanan statis yang baik,” imbuh ahli.

Kemampuan ini sama seperti fungsi sidik jari pada manusia, yakni untuk memberi gaya gesek lebih besar agar jari memegang benda-benda lebih erat.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *