Sejarah Menarik Di Balik 14 Nama Brand Teknologi Paling Terkenal Di Dunia

Sejarah Menarik Di Balik 14 Nama Brand Teknologi Paling Terkenal Di Dunia

Sejarah Menarik Di Balik 14 Nama Brand Teknologi Paling Terkenal Di Dunia – Brand teknologi ternama gak mendapatkan posisinya dengan mudah. Nama-nama brand yang terdengar aneh di telinga orang umum, bisa jadi malah menyimpan makna yang dalam di benak para pendiri brand tekno tersebut. Berikut beberapa kisah di balik semua brand tekno terkenal.

1. Adobe System

Adobe diambil dari nama sungai yang mengalir di belakang rumah salah satu pendirinya, John Warnock dan Chuck Geschke. John Warnock dan Chuck Geschke memiliki rumah di Los Altos, California. Nama sungai tersebut adalah Adobe Creek.

2. Amazon

Jeff Bezos awalnya ingin menamai perusahaannya dengan brand Cadabra.com. Brand itu tidak dipakai karena huruf awalnya adalah ‘C’. Pengacara Jeff ingin menggunakan nama yang huruf awalnya adalah ‘A’, maka Bezos memilih “Amazon”. Amazon terdengar eksotis dan berbeda yang juga mencerminkan sungai terbesar di dunia.

3. Acer

Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1976, Acer memiliki nama “Multitech Internasional”. Kemudian nama tersebut diubah menjadi “Acer” setelah 10 tahun kemudian. Dalam bahasa latin, Acer berarti “tajam dan tepat sasaran”. Acer juga bermakna mudah digunakan, bandel, serta ganas.

4. Apple

Apple yang memiliki arti buah apel adalah buah favorit Steve Jobs. Steve Wozniak sebagai salah satu pendirinya, mengaku ia tidak menanyai Jobs lebih jauh. Mereka pernah mencoba nama lain seperti “Executex” dan “Martix Electronic”. Namun tidak ada nama lain yang lebih mereka sukai daripada “Apple”.

5. Atari

Pendiri Atari adalah Nolan Bushnell. Ia ingin mendirikan perusahaan Amerika yang mempunyai nama seperti orang Jepang. Atari adalah sebutan untuk “skak mat” dalam permainan catur Jepang atau yang biasa disebut Go.

6. Canon

Canon awalnya bernama Precision Optical Instrument yang bediri pada tahun 1934. Nama tersebut diubah menjadi Kwanon pada tahun yang sama. Kwanon adalah dewi pengampun dalam agama Buddha. Canon memiliki arti perusahaan yang bekerja dengan peralatan canggih untuk menghasilkan produk kelas atas.

7. eBay

Perusahaan eBay didirikan oleh Pierre Omidyar. Awalnya perusahaan ini bernama Echo Bay Technology Group. Sayangnya domain nama tersebut sudah diambil orang lain. Pierre beranggapan nama Echo Bay terdengar keren, karena itu ia membuat singkatan “eBay”.

Baca juga: 8 Distro Linux Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Tahun 2018

8. Facebook

Mark Zuckerberg tidak repot-repot mikir nama ketika mendirikan perusahaannya. Facebook adalah program universitas-universitas di Amerika Serikat. Program ini bertujuan untuk membantu mahasiswa-mahasiswa baru mengenali teman-temannya dengan lebih baik. Mark lalu mengambil nama program tersebut sebagai brand media sosialnya.

9. Google

Nama Google adalah sebuah “kecelakaan perusahaan” IT terbesar di dunia ini. Nama asli Google adalah Googol, namun orang-orang membacanya jadi Google. Google memiliki misi sebagai usaha untuk mengarsipkan semua informasi di internet.

10. HP (Hewlett Packard)

Ketika awal berdiri, orang-orang mengira HP adalah perusahaan saus. Pendiri HP adalah Bill Hewlett dan Dave Packard. Keduanya menentukan nama perusahaan mereka dengan menggunakan undian koin. Pemenangnya adalah Bill sehingga nama Hewlett dipakai di bagian depan.

11. Samsung

Samsung didirikan oleh Lee Byung Chul pada tahun 1938 sebagai perusahaan dagang. Nama Samsung sendiri memiliki arit tiga bintang. Tiga adalah angka yang dianggap kuat, sementara bintang memiliki makna “abadi”.

12. Sony

Sony didirikan oleh Akio Moritom dan Masaru Ibuka. Sony memiliki dua arti. Sony dalam bahasa latin bernama Sonus yang artinya suara. Sonya juga memiliki arti dalam bahasa slank-Amerika, yaitu Sonny-boys yang bermakna anak muda, pintar, dan mewakili jaman.

13. Twitter

Pendiri Twitter adalah Jack Dorsey. Ia ingin membuat aplikasi media sosial yang menyemburkan informasi dan menggabungkan kata “Twitch” serta “Jitter”. Maka jadilah Twitter.

14. Skype

Skype didirikan oleh Zennstrom. Nama awalnya adalah Skyper yang memiliki kepanjangan Skype-Peer-to-Peer. sayangnya domain Skyper.com sudah diambil orang. Mereka kemudian membuat huruf ‘r’ dan jadilah “Skype”.

Baca juga: Toko Aplikasi Alternatif Selain Play Store Yang Gak Kalah Lengkapnya

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *