Mobil Tidak Bisa Starter? Jangan Panik Coba Lakukan 5 Langkah Ini

Mobil Tidak Bisa Starter? Jangan Panik Coba Lakukan 5 Langkah Ini

Mobil Tidak Bisa Starter? Jangan Panik Coba Lakukan 5 Langkah Ini – Hal yang paling menyebalkan saat menemui kendala pada mobil yaitu suatu kondisi yang menyebabkan mobil tersebut tidak bisa melakukan starting engine. Dan biasanya pada kasus ini terjadi kemungkinan yang cukup besar yakni kerusakan yang terjadi di sistem kelistrikan pada mobil tersebut, sehingga dapat mengakibatkan mobil tidak bisa di starter.

Namun jangan panik terlebih dahulu, karena pada artikel kali ini kita akan membahas tentang langkah pemeriksaan terhadap mobil yang tidak bisa di starter. Lantas bagaimana langkahnya? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.

1. Periksa kondisi aki

Aki merupakan salah satu faktor utama saat mesin mobil dihidupkan, karena tanpa komponen ini maka mustahil mobil bisa di starter. Pemeriksaan dilakukan dengan pemeriksaan kondisi level air pada aki serta melakukan pemeriksaan voltase dan jika ada mobil lain yang normal maka melakukan jumper pada aki mobil lain dapat membantu analisa pada masalah ini.

Baca juga: 3 Macam Stereotip Yang Sering Dirasakan Anak Teknik Mesin

Jika dengan melakukan jumper mobil bisa di starter maka besar kemungkinan aki mobil tersebut sudah usang.

2. Periksa kondisi sekring

Jika langkah awal telah dilakukan namun setelah melakukan jumper mobil tetap tidak bisa di starter maka langkah selanjutnya dapat kita lakukan pemeriksaan pada komponen sekring yang umunya terdapat di dekat aki pada kutub positif. Jika sekring tersebut putur tentu mobil tidak bisa di starter dan apabila ini terjadi segera lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat karena mungkin saja sistem kelistrikan pada mobil sedang bermasalah, sehingga mengakibatkan sekring terputus.

3. Periksa karburator

Jika mesin mobil stuck pada saat melakukan starting, namun tidak bisa melanjutkan untuk menghidupkan mesin sehingga mesin tidak dapat berjalan maka dapat kita lakukan pemeriksaan pada karburator jika mobil tersebut tidak menggunakan sistem suppy bahan bakar dengan injeksi. Karburator yang kotor tentu dapat menghambat proses starting pada mesin mobil.

4. Periksa fuel pump

Jika sistem supply bahan bakar pada mobil menggunakan sistem injeksi maka kondisi fuel pump yang kotor juga dapat berpengaruh pada saat mesin mobil di starter. Hal ini ditandai dengan indikator check engine yang terdapat di speedometer untuk menandakan terjadinya permasalahan pada komponen mesin khususnya fuel pump.

Baca juga: Isi BBM Tidak Boleh Sembarangan, 3 Hal Ini Yang Harus Diperhatikan

Namun untuk pemeriksaan ini kita membutuhkan tenaga montir yang memang mengerti tentang komponen ini agar nantinya dapat dilakukan pembersihan dan kalibrasi ulang agar mobil dapat bekerja secara optimal.

5. Periksa dinamo start

Dinamo start merupakan salah satu komponen vital yang bertanggung jawab pada saat proses starting engine. DImana komponen ini berfungsi untuk menggerakkan roda gila pada mesin agar mesin dapat hidup.

Lakukan pemeriksaan dengan memeriksa kondisi fisik dinamo start serta mengamati apakah terdapat bunyi yang cukup janggal pada komponen ini. Jika kurang mengerti pastikan selalu service mobil anda setiap bulannya jika tidak ingin terjadi apa-apa.

Jadi setalah melakukan petunjuk di atas anda sama dengan melakukan crosscheck terhadap mobil yang anda miliki. Jadi jangan panik dulu ya.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *