Lampu Ini Kerap Terlupakan Pemilik Mobil, Fungsinya Vital

Lampu Ini Kerap Terlupakan Pemilik Mobil, Fungsinya Vital

Lampu Ini Kerap Terlupakan Pemilik Mobil, Fungsinya Vital – Pernah melihat lampu rem mobil tidak menyala sebelah, atau malah kedua-duanya? Ya, pemandangan tersebut sering sekali kita lihat baik di jalan bebas hambatan atau jalan umum. Situasi ini sangat berbahaya, mengingat pentingnya fungsi lampu rem.

Lampu rem sejatinya akan menyala di kedua bagian (kiri dan kanan) bila pengemudi menginjak pedal rem. Bahkan di beberapa mobil modern, lampu rem juga tersemat di bagian atas belakang mobil (high stop lamp).

Fungsinya jelas untuk memberi informasi kepada pengendara lain bahwa kendaraan tersebut sedang melambat atau berhenti. Soal lampu-lampu kendaraan ini juga tertuang dalam undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas pada pasal 285 Ayat 2.

Baca juga: Cermat Dalam Memilih Kaca film Security Untuk Mobil

“Sayangnya di jalan raya masih banyak mobil yang lampu remnya tidak menyala. Padahal, tidak sulit untuk menggantinya, cuma memang kebanyakan dari mereka tidak tahu kalau lampu remnya mati, atau mungkin bohlamnya putus,” jelas Deni Andrian, Kelapa Bengkel Auto2000 Grand Depok City (GDC), saat berbincang dengan KalengDrum, beberapa hari yang lalu.

Deni melanjutkan, pihaknya sampai punya program unik beberapa waktu lalu terkait masalah lampu rem. Bila melihat mobil Toyota yang lampu remnya mati, dia akan mendata dengan mencatat nomor polisinya. Lalu akan dicocokkan dengan data konsumen, bila memang ternyata mobil tersebut adalah konsumen Auto2000, maka dihubungi untuk diinformasikan soal kondisi mobil tersebut.

“Kami catat nomor polisinya, lalu cari di database konsumen. Kalau memang konsumen kami, akan kami hubungi dan diberitahu bahwa lampu rem mobil itu mati. Sebaiknya diperiksakan di bengkel terdekat atau bengkel resmi,” jelas Deni.

Lampu ren memang masuk dalam kategori komponen slow moving atau komponen yang jarang diganti secara periodik dalam waktu dekat. Biasanya umur lampu rem bisa lebih di atas satu tahun. Jangan pernah anggap hal yang sepele seperti ini menjadi musibah kedepannya.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *