Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Jok Motormu Tak Cepat Rusak

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Jok Motormu Tak Cepat Rusak

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Jok Motormu Tak Cepat Rusak – Mengingat fungsinya yang cukup penting sebagai landasan duduk selama berkendara, maka wajib rasanya merawat dan memerhatikan jok dari motor tungganganmu. Agar terus nyaman saat digunakan dan gak gampang rusak, setidaknya lakukan perawatan rutin untuk jok motormu dan jangan pernah melakukan hal-hal konyol berikut ini pada jok motormu.

1. Meletakkan benda dengan permukaan tajam di atas jok

Karena jok motor itu terbuat dari bahan kain dan busa, maka benda dengan permukaan tajam sangat rentan membuat jok cepat rusak. Untuk itu, hindari meletakkan benda tajam seperti pisau atau benda lainnya dengan sudut tajam ke atas jokmu.

Bisa jadi, jok motor akan tergores dan meninggalkan bekas atau bolongan yang membuatnya jadi rusak dan tak indah lagi dipandang. Jok motor yang bolong-bolong juga dapat menagganggu kenyamanan kamu selama berkendara.

2. Kalau jok sudah bolong gara-gara benda tajam, usahakan jauhkan bagian tersebut dari air

Nah, kalau ternyata sudah ada bolongan di jok motormu karena benda tajam (yang juga gak sengaja kamu bawa di atas motor) maka jangan basahi bagian yang bolong itu dengan air atau hindari menciprati air ke bagian jok saat mencuci motor. Pasalnya, bagian yang bolong (bagian busa yang muncul) rentan menghisap air lebih banyak.

Baca juga: 7 Kampus Ini Tawarkan Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

Nah, air yang masuk ke bagian bolong itu akan meningkatkan resiko merusak jok motor. Jok bakal cepat kempes dan membuat tak nyaman lagi saat dipakai selama berkendara!

Jika jok motormu sudah bolong sih, memang ada baiknya kamu segera ganti dengan yang baru yah!

3. Jangan parkir motormu di tempat yang langsung terpapar panas dan hujan

Mungkin kamu bertanya-tanya apa hubungannya parkir motor dengan jok motor biar gak gampang rusak? Nyatanya guys, memarkir motor di tempat yang langsung terpapar cahaya matahari atau hujan itu bisa bikin jok motor jadi cepat rusak.

Panas matahari dan air hujan rentan bikin busa dan kain jok motormu jadi cepat rusak. Jok motor dilaporkan bakal rentan sekali kempes saat kamu terus-terusan meletakkan motor di tempat panas dan terkena hujan serta bakal bikin kamu gak nyaman saat berkendara.

Untuk itu, mulai sekarang usahakan memarkir motormu di tempat yang teduh yak biar jok motormu gak cepat kempes dan rusak.

4. Jangan salah pakai produk perawatan

Ini nih biasanya yang sering salah kaprah. Banyak orang gak sadar kalau tak semua produk perawatan motor itu cocok juga untuk merawat jok motor.

Ada beberapa produk perawatan motor yang memang gak dianjurkan buat dipakai merawat jok motor. Semir ban misalnya.

Baca juga: Pakai Vespa Ber-BBM Sampah Plastik, Pria Ini Siap Jelajahi Jawa-Bali

Nah, demi praktis biasanya sih banyak orang bakal memakai produk semir ban untuk merawat jok motor karena dipikir semir ban bisa bikin jok motor lebih kinclong. Namun nyatanya, pakai semir ban untuk bikin jok motor kinclong itu salah besar loh! Karena bahan yang dipakai pada produk semir ban itu terlalu keras untuk dipakai merawat jok motor, sehingga kalau dipakai terus-terusan bisa bikin lapisan motormu jadi cepat tipis dan rentan sobek deh!

Untuk itu, pakailah produk pengilap jok motor khusus yang sekarang sudah banyak dijual dipasaran.

5. Jangan cuci motormu sembarangan

Ini lagi, mungkin kamu bingung apa hubungannya cuci motor dengan cepat merusak jok motor. Namun nyatanya guys, mencuci motor dengan metode yang sembarangan sangat bisa bikin jok motormu cepat rusak loh!

Jadi, mencuci motor dengan proses steam itu ternyata bisa bikin jok motor cepat rusak. Terlebih jika steam yang dipakai berkekuatan tinggi. Steam tinggi yang dipakai untuk mencuci motor kabarnya dapat meningkatkan resiko penipisan lapisan jok motor. Sehingga, kalau gak hati-hati bisa jadi jok motormu jadi cepat robek gara-gara proses ini.

Gak ingin kan jok motormu jadi cepat rusak? Kalau iya, jangan sekali-kali lakukan hal-hal konyol di atas yah! Bisa rugi sendiri guys!

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *