Kenali Penyebab Mesin Mobil “Overheat”

Kenali Penyebab Mesin Mobil "Overheat"

Kenali Penyebab Mesin Mobil “Overheat” – Kondisi yang tidak ingin dialami oleh pengeudi mobil, yaitu tiba-tiba lampu indikator temperatur menyala. Jika seperti itu, artinya mesin mengalami kepanasan atau istilahnya, overheat.

Penyebab masalah itu ternyata cukup banyak, dan bisa terjadi kapan pun apabila ada komponen, seperti radiator, dinamo, hingga ekstra fan tidak berfungsi dengan baik.

“Penyebab utamanya hanya itu. Jadi pastikan air radiator, dinamo, motor fan, berfungsi dengan normal,” ujar salah satu mekanik dari bengkep AP Speed yang tidak mau disebutkan identitasnya ketika ditemui KalengDrum belum lama ini di kawasan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Beli Onderdil Motor

Mekanik itu menjelaskan, sebagai contoh dinamo motor fan sudah lemah, otomatis kinerja kipas untuk mendinginkan radiator menjadi kurang dan bisa menjadikan suhu lebih panas dari biasanya.

“Seharusnya ketika suhu sudah mulai panas, kipas itu bekerja dengan maksimal. Tepati kalau tidak berfungsi dengan baik, maka akan muncul lampu indikator suhu. Artinya itu overheat,” kata mekanik itu.

Jika mengalami hal seperti itu, menurut Riecky Patrayudha, Assistant to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak perlu panik. Paling utama, cari tempat yang sekiranya aman, kemudian matikan mesin sekitar 15-20 menit.

Baca juga: Porsche Pabrik Mobil Pertama Jerman Tinggalkan Mesin Diesel

“Setelah itu baru boleh dicek mulai dari air radiator, ekstra fan dan lain sebagainya. Jika tidak ada yang berfungsi seperti biasa, itu yang akan menjadi penyebab mesin overheat,” ujar Riecky kepada KalengDrum beberapa waktu lalu.

Berikut ini ciri-ciri mobil yang mengalami overheat yang harus anda ketahui :

  • Saat mobil sedang dikendarai, akan terjadi ngelitik berkepanjangan terutama ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh.
  • Tenaga mesin mobil menjadi berkurang ketika suhu mesin mobil sudah sangat panas.
  • Temperatur pada gauge menunjukkan jika suhu lebih tinggi dibandingkan dnegan standar bahkan dapat mencapai garis merah.
  • Saat terjadi overheat, maka AC tiba-tiba dapat menjadi panas. Pada sebagian kendaraan yang dilengkapi dengan sistem safety load akan mengindikasikan ketika mesin mengalami overheat maka secara otomatis beban mesin kendaraan akan diputus ECU sehingga mesun dapat bekerja tanpa beban khususnya pada sistem pendingin.
  • Jika kondisi sudah parah, maka bisa jadi oli dapat bercampur dengan air sehingga membuat oli mobil berwarna kecoklatan. Ini artinya air masuk ke dalam ruang oli dikarenakan kebengkokan pada silinder head atau block silinder.
  • Terjadinya penurunan performa pada mesin kendaraan. Meskipun bukan ciri-ciri utama namun patut dicurigai sebagai tanda jika mesin mobil mengalami overheat.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *