Isi BBM Tidak Boleh Sembarangan, 3 Hal Ini Yang Harus Diperhatikan

Isi BBM Tidak Boleh Sembarangan, 3 Hal Ini Yang Harus Diperhatikan

Isi BBM Tidak Boleh Sembarangan, 3 Hal Ini Yang Harus Diperhatikan – Masing-masing mesin kendaraan memiliki filosofi, desain, dan fungsi yang berbeda-beda. Setiap mesin memiliki rekomendasi oktan untuk mendapatkan tenaga optimal seperti yang tertera pada brosur ketika kita membeli kendaraan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengisi bensin atau bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan Anda:

1. Kualitas BBM

Banyak orang berharap dengan menggunakan bensin yang lebih murah, kendaraannya akan mendapatkan tenaga yang optimal. Optimalisasi bukan semata-mata mengenai tenaga mobil yang dikeluarkan, namun juga berbagai faktor lainnya, seperti emisi gas buang dan konsumsi partikel-partikel kendaraan seperti piston.

Kualitas bahan bakar dan karakteristik bahan bakar dengan struktur mesin yang diaplikasikan di setiap mobil berbeda. Tidak bisa disamakan satu dengan yang lain.

Saat ini di Indonesia sendiri, kita memiliki beberapa pilihan oktan bensin, mulai dari RON 88, 90, 92, 95, hingga 98. Untuk kendaraan yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu 1.200 hingga 1.500 cc, bahan bakar yang paling optimal adalah RON 92 dan ini merupakan rekomendasi seluruh APM (Agen Pemegang Merek).

Baca juga: Ini Profil 8 Motor Kostum Indonesia Yang Tampil Di Yokohama

Petunjuk ini sudah diberikan oleh APM kepada para konsumen dengan harapan mesin kendaraan dapat bekerja dengan optimal. Saya mengimbau bagi para pemilik kendaraan untuk selalu mematuhi saran yang diberikan ATPM karena hal tersebut akan membuat mesin menjadi lebih awet dan tahan lama.

Jangan mengorbankan kendaraan Anda dengan menggunakan bensin yang cenderung lebih murah. Perlu diperhatikan bahwa konsekuensinya adalah kerja kendaraan malah bisa menjadi tidak optimal dan justru Anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk melakukan perawatan ketika kendaraan rusak.

2. Lokasi Mulut Tangki Bensin

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ketika kita masuk ke dalam area SPBU adalah untuk memastikan lokasi tangki bensin di sisi kiri atau kanan. Perhatikan indikator bensin di dalam mobil Anda, di sebelahnya terlihat arah panah yang menentukan lokasi tangki bensin mobil Anda. Hal ini diperlukan agar Anda tidak salah mengantre.

3. Lakukan langkah-langkah berikut ketika sedang mengisi BBM

Saat sedang mengisi BBM, jangan lupa untuk mematikan mesin, menaruh alat komunikasi, melepas sabuk pengaman, dan membuka pintu sedikit. Hal ini merupakan langkah preventif jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita bisa keluar sesegera mungkin.

Demikian tips mengisi bensin dari saya, semoga membantu Otolovers memilih BBM yang tepat untuk kendaraan Anda!

Baca juga: Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Agar Jok Motormu Tak Cepat Rusak

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *