Investor Sebut Traksi Lebih Berharga Dibanding “Pitching”

Investor Sebut Traksi Lebih Berharga Dibanding Pitching

Investor Sebut Traksi Lebih Berharga Dibanding PitchingChief Investment Officer MDI Ventures Joshua Agusta. Mengungkapkan saat ini ada hal penting yang harus diperhatikan pelaku perusahaan rintisan (starup) untuk menarik perhatian investor.

Bukan hanya menyiapkan produk dan pitching yang bagus di hadapan investor potesial. Joshua mengatakan startup juga harus memperhatikan traksi.

Investor Sebut Traksi Lebih Berharga Dibanding Pitching

Hal itu lantaran menurut Joshua saat ini semakin sedikit investor yang mau “berjudi” untuk menanamkan modal pada startup dengan traksi rendah.

“VC (pemodal kapital) sudah jarang mau investasi ke startup yang produknya belum benar benar jadi atau tidak ada traction. Ibaratnya barang masih prototipe. Belum ada traction, seperti user, revenue harus ada meskipun kecil,” kata Joshua di konferensi Tech in Asia Jakarta 2018.

Traksi sejatinya bukan sebatas pendapatan, profit atau upaya meningkatkan jumlah pengguna. Namun ada hal lain yang bisa menunjukan bahwa startup memiliki pertumbuhan positif.

Investor Sebut Traksi Lebih Berharga Dibanding Pitching

Ia tak mengakui jika sebelumnya investor sempat berjudi dengan berinvestasi pada produk yang belum memiliki traksi. Namun kini, investor sudah berubah dan tak mau lagi menerapkan hal serupa.

Baca Juga : Menguak Perang Cyber Dalam Pilpres AS dan Cara Menanggulanginya

Untuk memperkirakan potensi suatu produk yang ditelurkan startup, Joshua mengakui jika investor akan melihat traksi produk.

Sekecil apapun traksinya, ia mengatakan hal ini bisa lebih berharga dibandingkan meyakinkan investor betapa bagus ide atau produk mereka.

Disisi lain, Joshua mengatakan startup acapkali beralasan mencari suntikan dana dari investor demi mendapatkan traksi.

Salah satu cara yang digunakan yakni dengan menjual kualitas antarmuka (UI) dan user experience (UX). Namun, di mata startup hal itu menjadi sia-sia apabila tak mampu menunjukkan adanya traksi produk.

Baca Juga : 7 Fitur Tersembuyi Yang Jarang Diketahui Pada iOS 12

“Dari situ terlihat bagaimana perkembangan produk tersebut. Misalnya buat aplikasi chat tapi tidak ada traksinya. Tampilan bagus, tapi ketika ditanya traksi ternyata belum ada. Mereka alasannya butuh uang untuk traksi, itu cukup stupid,” imbuhnya.

MDI Ventures adalah perusahaan modal ventura yang merupakan anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. MDI mulai beroperasi pada bulan Februari 2016.

Baru-baru ini pada tanggal 4 Juli 2018 kemarin, startup Software as a Service asal Singapore Anchanto memberikan pendanaan Seri C Tahap Awal Sebesar US$4 Juta atau sekitar Rp57 miliar. Investasi ini dipimpin oleh MDI Ventures.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *