Ilmuwan Menciptakan Sistem “GPS” Penjelajah Tubuh Manusia

Ilmuwan Menciptakan Sistem "GPS" Penjelajah Tubuh Manusia

Ilmuwan Menciptakan Sistem “GPS” Penjelajah Tubuh Manusia – Teknologi Global Positioning System sudah banyak diterapkan di gadget memang sangatlah praktis. Penggunanya dapat mengetahui posisi lokasi secara presisi dan real time, dimanapun di permukaan planet Bumi.

Bagaimanakah apabila teknologi serupa dapat diterapkan untuk bisa melacak posisi alat medis yang ada di dalam tubuh manusia?

ILMUWAN MENCIPTAKAN SISTEM “GPS” PENJELAJAH TUBUH MANUSIA

Ilmuwan Menciptakan Sistem "GPS" Penjelajah Tubuh Manusia

Itulah konsep di balik sistem yang bernama ReMix buatan tim peneliti asal Computer Science and Artificial Intelligence Massachussetts Institue of Technology (MIT), Amerika Serikat. Cara kerja ReMix ini bukan mengandalkan koordinat dari konstelasi satelit seperti GPS. Namun perangkat pemancar sinyal radio dan penanda (marker) di alat medis yang ada dalam tubuh pasien.

Penanda tadinya bersifat pasif dan tidak memancarkan gelombang radio sendiri. Akan tetapi hanya memantulkan sinyal dari perangkat wireless yang ditempatkan pada bagian luar tubuh. Pantulan sinyal inilah yang dilacak agar dapat mengetahui letak perangkat medis tersebut. Tingkat akurasinya mencapai 1,4 cm.

Dalam pengujian dengan binatang, tim peneliti telah membuktikan bahwa implan dapat dilacak dengan akurasi dalam hitungan centimeter. Suatu hari nanti, implan seperti ini dapat digunakan menerapkan obat di area tertentu didalam tubuh.

Penelusuran tubuh pasien pun tidak dapat dilakukan tanpa adanya prosedut invasif yang diterapkan selama ini, seperti pembedahan ataupun memasukkan tabung kamera (endoskopi).

Akan tetapi sebagaimana yang dirangkum dari KompasTekno dari Cnet, Kamis (23/08/2018). Untuk sekarang sistem ReMix belum cukup presisi agar digunakan dalam skenario medis yang membutuhkan akurasi dalam hitungan milimeter.

Untuk meningkatkan akurasi ini, tim peneliti berencana untuk melanjutkan penelitian dengan kombinasi data tubuh pasien dari sumber-sumber lainnya, seperti magnetic imaging resonanec (MRI).

Akan sangat keren sekali bukan jika GPS dapat dipasangkan di dalam tubuh, seperti pada film-film action James Bond atau Mission Impossible. Jadi bakal ketauan deh kalian pergi kemana saja, apalagi buat paara cowok cowok yang suka selingkuh, hehe.

 

Baca Artikel Lainnya: 10 Tips Terampuh Mengatasi Koneksi Wi-Fi yang Lambat

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *