Hari Ini Dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Dirilis

Hari Ini Dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Dirilis

Hari Ini Dalam Sejarah: Aplikasi Instagram Dirilis – Kemarin delapan tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Oktober 2010, jejaring sosial berbagi foto “Instagram” mulai rilis perdana di Apple App Store.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggungah foto yang bisa di edit dengan berbagai filter. Kelak, sejumlah fitur baru muncul, misalnya berbagi video, tag, serta informasi lokasi.

Peluncuran Instagram menjadi terobosan terbaru dalam hal jejaring sosial berbasis foto dan video. Instagram pun menjadi aplikasi populer. Hingga kemudian, pada April 2012, Facebook mengakuisisi Instagaram.

Mengutip TechCrunch, Instagram menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak. Bahkan, pada 18 Juni 2018 pengguna aktifnya mencapai 1 miliar.

Berawal dari Burbn

Instagram berawal dari gagasan yang dibawa Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya merupakan lulusan dari Stanford University, Amerika Serikat.

Pengalaman bekerja di Twitter dan Google membuat mereka ingin mengembangkan usahanya sendiri. Berawal dari pengalaman itu, keduanya kemudian mengembangkan Burbn

Burn merupakan proyek pengembangan aplikasi berbasis lokasi yang dipadukan dengan fotografi mobile. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto dan melakukan “check in” di suatu lokasi yang dikunjungi.

Namun, dilansir dari New York Times, Systrom kemudian merasa aplikasi itu terlalu mirip dengan aplikasi berbagi lokasi yang sudah populer terlebih dahulu, Foursquare.

Kemudian, Systrom dan Krieger memutuskan untuk fokus mengembangkan aplikasi berbagi foto dan video, disertai fitur “likes” dan “comments”.

Baca juga: Instagram Tambah Fitur Baru Yang Mirip Dengan Snapchat

Pengembangan aplikasi ini akhirnya dinamakan Instagram. Penamaan itu perpaduan “instant” dengan “gram” yang berasal dari kata “telegram”. Maksudnya, aplikasi ini diharapkan seperti telegram yang memberikan informasi cepat, dan tersaji instan.

Pada Juli 2010, Kevin mem-post foto pertamanya ke Instagram. Dalam foto itu, terlihat seekor anjing di Mexico dan kaki seorang gadis sebagai percobaan.

Akhirnya, pada 6 Oktober 2010, Instagram resmi dirilis melalui App Store untuk perangkat berbasis iOS. Pengguna mulai tertarik dengan aplikasi ini.

Banyaknya pengguna yang mengunduh Instagram membuat Facebook mulai tertarik. Pada 2012, Instagram menerima tawaran dari Facebook dengan nilai yang mencapai 1 miliar dollar AS.

Fitur Instagram kini

Seiring dengan perkembangannya, fitur-fitur di Instagram mulai diperbanyak dan diperbarui. Dulunya, pengguna hanga bisa “share” foto dan video, kini dilengkapi dnegan filter kamera yang lebih canggih.

Efek kamera terdiri dari X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1997, dan Lord Kelvin dan terus bertambah.

Selain itu, jejaring sosial ini bisa melakukan geotag dengan mengaktifkan GPS sehingga bisa mendeteksi lokasi dari foto tersebut. Dalam berbagi foto, para pengguna bisa membagikan di Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr dan Flick yang disediakan di laman Instagaram.

Kini Instagram juga dilengkapi dengan Stories yang memberikan keuntungan buat pengguna untuk bisa membagikan video dalam kurun waktu tertentu, layaknya Snapchat.

Dalam stories itu juga dilengkapo dengan filter-filter terbaru sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *