Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba TerapkanKasus pencurian data semakin marak dibicarakan akhir-akhir ini. Bahkan, aplikasi yang kamu unduh pun bisa mencuri data pribadimu!

Para peneliti menemukan ada lebih dari 1.000 aplikasi yang telah melanggar aturan dan mencuri privasi konsumen tanpa sepengetahuan mereka. Serem gak tuh lur?

Tapi tenang dulu! Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari pencurian data oleh aplikasi. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk menghindarinya. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Perhatikan izin aplikasi

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Ini adalah cara paling basic untuk menghindari pencurian data pribadi. Coba periksa dulu izin aplikasi sebelum memutuskan untuk mengunduhnya.

Kamu perlu menjadi kritis, apakah masuk akalh aplikasi untuk meminta izin tertentu, seperti mengakses kontak. Waspadai aplikasi yang meminta akses data yang tak relevan dan jadikan tanda peringatan utama.

Stephen Hart, CEO Cardwitcher dalam laman CNet pun mengutarakan pendapatnya. “Jika kamu mengunduh aplikasi sederhana, seperti kalkulator saku, apakah masuk akal jika aplikasi itu meminta izin untuk mengakses daftart kontak dan lokasi kita?” tanya Stephen. Ketika kamu menemukan suatu kejanggalan, batalkan pengunduhan.

2. Teliti aplikasi dan perusahaan pembuat aplikasi tersebut

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Jika kamu belum percaya seutuhnya, coba cari informasi seputar latar belakang aplikasi dan perusahaan yang membuat aplikasi tersebut. Coba ketikkan saja nama perusahaan atau developer pembuat aplikasi itu di mesin pencari Google untuk melihat kredibilitasnya. Hal ini perlu dilakukan untuk lebih meyakinkan.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Spesifikasi Terbaik Dibawah Rp14 Juta

Pastikan bahwa perusahaan pembuat aplikasi tersebut tak memiliki masalah terkait pencurian data dan scamming. Jika perusahaan tersangkut kasus dan tidak melakukan apapun untuk memperbaikinya, hindari mengunduh aplikasi yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Lebih baik cari aplikasi yang lebih meyakinkan.

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

3. Selalu unduh di tempat resmi, yakni Google Playstore atau AppStore

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Satu lagi tips yang perlu kamu terapkan untuk menghindari pencurian data: selalu unduh aplikasi di tempat resmi seperti Google Playstore untuk pengguna android dan AppStore untuk pengguna iOS. Memang, tak semua aplikasi yang tersedia disana dapat dipercaya 100%, namun jauh lebih baik daripada mengunduh di website tidak resmi.

Di sisi lain, mengunduh aplikasi dari situs tidak resmi akan meningkatkan risiko ransomware, malware, spyware dan virus trojan yang bisa menginfeksi perangkat kamu. Bahkan, peretas bisa mengambil kendali penuh atas perangakt kamu. Seram!

4. Selalu perbarui perangkat lunak secara berkala

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Selalu luangkan waktu untuk memperbarui sistem operasi di perangkat kamu. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan data smartphone kamu. Pembaruan software membuat kamu selangkah lebih depan dari para peretas dan pencuri data.

Coba sesuaikan pengaturan sehingga perangkat kamu bisa diperbarui secara otomatis. Menurut Stephen Hart, pembaruan aplikasi layaknya vaksinasi yang bisa melindungi kamu dari berbagai penyakit. Wajib bagi kamu untuk senantiasa memperbarui sistem operasi.

Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

5. Gunakan VPN saat memakai WiFi publik

Cara Untuk Menghindari Pencurian Data Oleh Aplikasi, Coba Terapkan

Jika kamu sedang memakai WiFi publik untuk mengakses internet, jangan lupa untuk menyalakan VPN. Ini karena VPN bisa menjaga agar data tidak diintai oleh orang lain yang bersembunyi di jaringan publik yang sama.

VPN bisa juga menutupi transmisi data, menghindari pemfilteran dan sensor di internet serta membuat kamu lebih leluasa untuk mengakses beraneka ragam konten.

Namun, perlu diwaspadai aplikasi VPN mana yang aman dan mana yang tidak. Carilah aplikasi VPN yang direkomendasikan dengan rating yang tinggi serta ulasan yang positif. Vpn yang baik akan melindungi kamu dari praktik pencurian data tanpa kamu sadari.

6. Gunakan pengelola kata sandi (password manager)

Untuk menghindari pencurian data oleh aplikasi, jangan pernah gunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Jika satu akun berhasil di retas, maka akun lainnya pun akan dengan mudah dikuasai pula. Bukan hanya itu, data kamu nanti akan dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

FYI, kata sandi yang kuat terdiri dari rangkaian karakter acak, mulai dari huruf, angka, simbol dan digabung dengan kombinasi huruf kapital sama halnya dengan password sbobet online yang begitu kuat. Kelemahannya, kata sandi seperti ini sulit untuk diingat.

Oleh karena itu, manfaatkan aplikasi pengelola kata sandi. Joe Baker, administrator sistem teknologi informasi di Anderson Technologies merekomendasikan LasrPass.

7. Matikan izin aplikasi

Ketika aplikasi sudah terlanjur diunduh dan digunakan, apa yang harus kamu lakukan? Tenang, kamu tetap bisa melakukan tindakan pencegahan tanpa perlu melakukan uninstall atas aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan mematikan izin aplikasi.

Langkah berbeda-beda di tiap smartphone, untuk Android kurang lebih seperti ini.

  • Tahan aplikasi beberapa saat.
  • Klik “Info Aplikasi”
  • Tekan “Izin Aplikasi”
  • Pilih opsi untuk mematikan atau menghidupkan izin aplikasi.

Nah, itulah 7 cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pencurian data oleh aplikasi. Terapkan cara tersebut dan bagikan informasi in ke teman-temanmu ya!

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *