Bumi Dilewati Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi Dari Monas

Bumi Dilewati Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi Dari Monas

Bumi Dilewati Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi Dari MonasLembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperingatkan asteroid. Dimana asteroid tersebut lebih tinggi dari Monas dan menara Eiffel dan akan meluncur melewati bumi pada akhir bulan Oktober.

Asteriod yang dinamakan Asteroid 2006 TS7 ini akan mendekati Bumi dalam waktu 11 hari kedepan. Berdasarkan kalkulasi NASA, asteroid akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi pada Senin, 29 Oktober pukul 11.50 UTC. Atau sekitar pukul 18.59 WIB.

Bumi Dilewati Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi Dari Monas

Ahli astronomi dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California memperkirakan TS7 berdiameter antara 150 meter dan 340 meter.

Baca Juga : Facebook Tuding Penyebar Spam Sebagai Dalang Peretasan

Dengan tinggi 340 meter, asteroid ini tiga kali lebih tinggi dibandingkan Monumen Nasional (132 meter) atau Menara Eiffel (324 meter).

Menurut Purdue University dan Imperial College London, asteroid seukuran 392 meter ini bisa menyebabkan kerusakan cukup besar karena memberikan kekuatan benturan yang besar.

Bumi Dilewati Asteroid Tiga Kali Lebih Tinggi Dari Monas

Apabila menghantam kota dengan kecepatan 18,11 kilometer per detik, asteroid berpotensi merusakan lahan seluas 1,16 kilometer dan menyisakan sebuah kawah sedalam 309 meter.

Skenario terparah, jika asteroid tersebut ternyata berukuran 340 meter. Maka bisa meratakan tanah seluas 3,5 kilometer dan membuat kawah sedalam 454 meter atau lebih parah.

Beruntung NASA memperkirakan asteroid tidak akan menabrak Bumi. Pasalnya meskipun berada pada jarak dekatnya, jarak asteroid masih jutaan kilometer dari bumi.

Mengutip dari poker99pada 29 Oktober nanti asteroid TS7 akan berjarak 2,88 juta kilometer dari Bumi.

NASA menjelaskan ketika sebuah objek mengorbit ke Matahari, maka Near-Earth Object (NEO) biasanya bergerak menuju Bumi.

Dengan jarak ini NASA dan badan antariksa lainnya menganggap asteroid cukup dekat dengan bumi. Oleh karena itu NASA melabeli asteroid sebagai Near-Earth Object.

Baca Juga : Twitter Tandai Kicauan Yang Dihapus Karena Melanggar Aturan

Setelah melewati Bumi di akhir bulan ini. Asteroid akan berayun ke matahari dan akan kembali mendekati Bumi pada 10 Oktober 2019.

Tak hanya itu, asteroid yang sama juga akan beberapa kali mengunjungi Bumi pada tanggal 28 Juli 2025 kemudian 16 Juli 2027.

Kakulasi tersebut telah diperhitungkan dengan matang oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Namun belum bisa dipastikan jika ada hal-hal yang bisa merubah jalur asteroid tersebut.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *