“Bug” Lagi & Lagi, 6,8 Juta Foto Pengguna Facebook Bisa Diintip Aplikasi

"Bug" Lagi & Lagi, 6,8 Juta Foto Pengguna Facebook Bisa Diintip Aplikasi

Kalengdrum.comĀ – Facebook lagi-lagi didera masalah terkait privasi dan data penggunanya. Jejaring sosial raksasa ini baru saja mengumumkan keberadaan bug pada API (Application Program Interface) terkait fungsi pengunggah foto.

Dalam blog resminya, Facebook menjelaskan bahwa bug ini berkaitan dengan pemberian akses foto Facebook oleh pengguna melalui aplikasi yang terkoneksi dengan Facebook.

“Bug” Lagi & Lagi, 6,8 Juta Foto Pengguna Facebook Bisa Diintip Aplikasi

"Bug" Lagi & Lagi, 6,8 Juta Foto Pengguna Facebook Bisa Diintip Aplikasi

Gara-gara bug tersebut, foto-foto milik 6,8 juta pengguna Facebook ini bisa diakses tanpa izin oleh para pengembang aplikasi pihak ketiga. Jumlah aplikasi yang tidak sengaja mendapatkan akses terlalu jauh ini mencapai kisaran 1.500 buah.

Foto-foto yang bisa dilihat oleh ribuan aplikasi itu pun tak terbatas pada gambar yang sudah di-share secara publik di Facebook saja, namun juga yang baru sekedar diunggah dan belum publish. Foto-foto di Facebook Marketplace dan Stories pun dapat diintip.

“Saat seorang pengguna memberi izin kepada aplikasi untuk mengakses fotonya di Facebook. Kami biasanya hanya memberikan akses ke foto-foto yang memang sudah dibagikan pengguna tersebut di lini masanya.” Tulis Facebook dalam blog pengumumannya.

Baca Juga: 3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

“Bug terkait menyebabkan para pengembang aplikasi bisa ikut melihat foto lain… bug juga berdampak pada foto yang diunggah ke Facebook tapi kemudian urung dipublikasikan oleh pengguna.” lanjut posting yang ditulis oleh Engineering Director Facebook Tomer Bar itu.

Untunglah, sang bug tersebut kini sudah diatasi setelah sempat aktif selama 12 hari. Dari 13 September hingga 25 September 2018 lalu. Meski demikian, Facebook tetap harus mengumumkan keberadaannya kepada publik.

“Kami sangat menyesal ini terjadi,” imbuh Bar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Minggu (16/12/2018).

Ke depan, Facebook berencana memberikan notifikasi ke jutaan pengguna yang fotonya kemungkinan terekspos karena bug tersebut. Pekan depan, Facebook akan turut merilis tool khusus developer untuk mengetahui apakah pengguna mereka terdampak atau tidak.

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *