Asteroid Cerutu Raksasa Muncul Kembali, Apakah Bumi Terancam?

Asteroid Cerutu Raksasa Muncul Kembali, Apakah Bumi Terancam?

Asteroid Cerutu Raksasa Muncul Kembali Apakah Bumi Terancam? – Banyak yang menduga bahwa “Oumuamua” ini sebenarnya adalah kapal pengintai alien yang dikirim untuk memata-matai Bumi.

Pernah mendengar “Oumuamua”? Itu bukanlah nama tempat wisata maupun makanan unik dari salah satu suku di Nusantara. Namun Oumuamua adalah nama yang diberikan oleh ahli perbintangan untuk sebuah asteroid raksasa berbentuk aneh yang diduga berusia ratusan juta tahun.

ASTEROID CERUTU RAKSASA MUNCUL KEMBALI APAKAH BUMI TERANCAM?

Asteroid Cerutu Raksasa Muncul Kembali, Apakah Bumi Terancam?

Nama “Ourmuamua” ini diambil dari bahasa Hawaii yang berarti utusan yang datang dari masa lalu yang jauh. Oumuamua ini disebut sebagai asteroid yang aneh karena bentuknya tidak seperti asteroid lainnya. Ourmuamua berbentuk mirip cerutu dan berwarna gelap kemerahan.

Dengan panjang 400 meter dan lebar 40 meter. Oumuamua setinggi sebuah gedung pencakar langit jika disejajarkan. Menariknya adalah ia baru saja muncul kembali pada akhir Oktober 2018 saat melewati matahari dengan kecepatan tinggi.

Oumuamua menjadi objek antar bintang pertama yang berhasil ditemukan sebelum menghilang kembali dari pandangan pada bulan Januari lalu.

Anehnya lagi, ciri-ciri umum yang selama ini melekat pada sebuah asteroid tidak ditemukan pada Oumuamua. Selain bentuknya yang mirip cerutu, permukaannya terbentuk dari karbon, bukanlah batu atau es. Oumuamua juga bergerak semakin cepat secara tiba-tiba begitu melewati matahari.

BACA JUGA: Pengusaha Blockchain Beli Perusahaan Penambang Asteroid

Kapal Pengintai Alien untuk Memata-Matai Bumi

Banyak yang menduga bahwa Oumuamua ini sebenarnya adalah kapal pengintai alien yang dikirimkan untuk memata-matai bumi. Dalam penelitian baru yang dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters, professor Harvard, Shmuel Bialy dan Abraham Loeb, mendiskusikan berbagai teori untuk menjelaskan pernilaku aneh Oumuamua.

Bialy dan Loeb mengatakan ketika sebuah asteroid melewati bintang,  maka akan melepaskan gas yang dapat mempercepat pergerakannya. Hal ini tidak terdeteksi pada Oumuamua.

Kedua profesor Harvard itu menduga Oumuamua bergerak cepat setelah didorong oleh cahaya matahari yang mengenainya. Seperti sebuah kapal layar yang dirancang khusus menggunakan tenaga surya. Namun ada satu pertanyaan besar yang cukup mengganjal para ilmuan. Bialy dan Loeb masih bertanya-tanya, jika Oumuamua adalah kapal alien, tapi mengapa mengirim kapal pengintai yang membutuhkan jutaan tahun untuk mencapai Tata Surya?

“Salah satu kemungkinannya itu adalah kapal alien” Kata kedua ilmuwan tersebut. Oumuamua mungkin kapal dengan teknologi cahaya yang mengarungi ruang antar bintang sebagai bagian kecil dari perlengkapan teknologi yang lebih maju,

Sejauh ini Oumuamua memang masih menjadi sebuah misteri. Belum ada bukti yang kuat bahwa asteroid itu adalah kapal pengintai alien.

 

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *