Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini! Apa perbedaan antara Android Stock, Android One dan Android Go? Ketiganya sama-sama merupakan OS Android yang datang dari Google yang terlihat memiliki banyak kesamaan.

Namun, ternyata ketiga jenis Android tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar dalam konteks bagaimana brand menggunakan open-source software kedalam smartphone mereka. Bagaimana pembaruan keamanan diluncurkan, aplikasi pre installed apa yang terpasang dan banyak lagi.

Untuk itu di kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan apa itu Android Stock, Android One, dan Android Go sembari menunjukkan apa saja perbedaannya. Check it out!

1. Bagaimana Android sampai ke tangan OEM/Brand

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

Untuk bisa didistribusikan Android kepada brand/OEM seperti Samsung dan Huawei, Google merilis source code dari Android. Atau yang biasa disebut sebagai AOSP (Android Open Source Project).

Source code itu nantinya bisa digunakan oleh siapapun untuk mengembangkan android mereka sendiri, termasuk dengan menambahkan variasi seperti skin/UI atau yang biasa mereka sebut sebagai peningkatan. Nah, di luar variasi yang banyak orang ketahui dan gunakan itu, terdapat tiga variasi lain yang lebih “murni”.

2. Android Stock

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

Secara singkat, Android Stock merujuk kepada jenis Android yang Google tanamkan pada perangkat mereka sendiri, seperti Pixel. Perangkat yang menjalankan Android Stock akan langsung mendapatkan pembaruan dari Google tanpa delay atau penundaan apapun.

Jadi, perangkat dengan Android Stock lebih bebas dari yang namanya bloatware dan mendapatkan prioritas pembaruan keamanan atau sistem operasi. Bisa dibilang, Android Stock memberikan pengalaman Android yang jauh lebih murni dari Android One atau Android Go.

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

3. Android One

kalengdrum

Sedikit berbeda dengan Androis Stock yang hanya digunakan untuk perangkat sendiri. Android lebih bisa dibilang merupakan jasa yang Google yang tawarkan kepada brand untuk pengembangan sistem operasi.

Baca Juga: iPadOS dan iOS 13 Versi Beta Bisa Dicoba, Ini 7 Tahap Cara Install-nya

Dalam kasus ini, Google mengambil alih tugas Android, sementara brand yang bekerja sama, mengurus hal-hal lain seperti pembuatan perangkat dan pemasaran.

Yang menarik dari Android One adalah ini tidak jauh berbeda dari Android Stock. Pembaruan yang didapatkan juga relatif cepat dengan tampilan Android murni yang tidak diubah-ubah.

4. Android Go

Android Stock, Android One dan Android Go, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

Yang terakhir adalah Android Go yang bisa dikatakan merupakan suksesor bagi Android One. Ini meneruskan niat awal Android One untuk membangun Android ringan yang bisa berjalan dengan optimal di smartphone low-end.

Sesuai namanya, Android Go dibekali dengan banyak aplikasi bawaan Google versi Go seperti Google Go, Maps Go, dan Gmail Go. Kendati demikian, Android Go tetap menawarkan pengalaman Android yang baik. Meski secara fungsi dan kebutuhan, lebih ditujukan untuk penggunaan standar saja.

Android Murni, Apa Bedanya? Ketahui Disini!

5. Perbedaan antara ketiganya

smartphone android

Salah satu cara paling mudah untuk mengenali Android Stock, Android One dan Android Go adalah dengan melihat widget, wallpaper dan warna tema yang diusung. Ketiganya memiliki perbedaan cukup kentara disitu.

Sementara untuk konten atau aplikasi, Android One dan Android Go memiliki lebih banyak aplikasi pre-installed ketimbang Android Stock yang lebih bersih.

Selain itu, Android Go juga agak berbeda dari Android Stock dan Android One, karena pembaruan yang didapatkan tidak langsung dari Google, melainkan dari brand itu sendiri.

6. Smartphone terbaik dari jenis Android ketiganya

operating system

Untuk Android Stock, Pixel 3 dari Google menjadi yang terbaik dan direkomendasikan untuk dibeli. Ini menawarkan spesifikasi kelas atas dengan salah satu kamera dengan kualitas terbaik saat ini.

Sementara untuk Android One, gelar terbaik jatuh kepada Nokia 7.1 yang memiliki layar dengan dukungan HDR10, baterai yang awet dan desain kekinian yang membuatnya terlihat menawan.

Yang terakhir yaitu Android Go, smartphone terbaiknya adalah Samsung Galaxy J4 Core yang datang dengan layar 6 inci, Snapdragon 425 dan kamera belakang 8MP di harga yang sangat terjangkau.

7. Kesimpulan

android murni

Kesimpulannya, adalah ketiga android tersebut tidak begitu jauh berbeda. Ketiganya sama-sama menawarkan pengalaman Android murni tanpa skin atau user-interface bawaan brand.

Selain itu, kecuali Android Go yang pembaruannya berasal dari brand langsung. Android Srock dan Android One mendapatkan pembaruan langsung dari Google. Dan semuanya juga telah mendukung untuk kegiatan game online seperti dominoqq dan juga yang lainnya.

Dan juga ketiganya memiliki perbedaanjenis perangkat dengan Android Stock yang eksklusif untuk perangkat buatan Google. Android One untuk perangkat dari brand yang bekerja sama, dan Android One untuk perangkat dengan spesifikasi low-end.

Demikianlah tadi sedikit ulasan atau penjelasan mengenai perbedaan ketiga versi android tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa membantu kamu yang masih bingung akan ketiganya.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *