Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android StockDemi ingin memanjakan penggunanya, masing-masing pabrikan smartphon berlomba-lomba mengembangkan sistem android versi kustomisasinya sendiri.

Beberapa kustomisasi android yang terkenal antara lain Xiaomi dengan MIUI. Huawei dan Honor dengan EMUI, Oppo dan Realme dengan ColorOS, Asus dengan ZenUI, hingga Vivo dengan Funtouch OS-nya.

Namun kenyataannya, hasil kustomisasi android ini sendiri tidak membuat semua pengguna menyukainya. Bahkan sebagian menyebut Android Stock (Android murni versi Google) tanpa kustomisasi adalah versi terbaik dari Android.

Penasaran apa alasannya? Yuk, simak ulasan selengkapnya dalam artikel yang kami buat kali ini sebagai berikut.

1. Masalah keamanan

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Salah satu masalah yang paling dikritisi pada sistem android oleh fans iOS adalah isu keamanan dan malware yang telah ditemukan beberapa tahun belakangan.

Cara Google menutupi celah keamanan dan malware pada Android tersebut yaitu dengan merilis security patch update secara berkala. Kabar baiknya jika smartphone kamu menggunakan OS Android Stock maka rilis security patch update dapat segera kamu dapatkan.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan smartphone dengan OS hasil kustomisasi. Kamu harus menunggu terlebih dahulu dikarenakan pabrikan smartphone harus menyesuaikan rilis update dengan hasil kustomisasinya agar kompatibel atau cocok.

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

2. Upgrade sistem android maupun aplikasi Google terbaru

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Isu lain yang menerpa smartphone dengan sistem operasi hasil kustomisasi adalah lambatnya dalam mengadopsi upgrade sistem android atau aplikasi Google terbaru.

Mungkin kamu juga pernah merasakan terpaksa masih menggunakan versi android yang sama (versi lama).

Padahal versi android terbaru sudah tersedia, sehingga kamu ketinggalan dalam merasakan pengalaman menggunakan fitur-fitur terbaru dari hasil update sistem operasi Android dari Google.

3. Tidak adanya aplikasi yang berfungsi ganda dan bloatware

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Sistem operasi adalah hasil racikan pabrikan smartphone biasanya telah menyematkan aplikasi-aplikasi yang terkadang tidak kamu butuhkan karena sebenarnya dalam versi androidnya sudah ada. Aplikasi tersebut biasanya dinamakan bloatware.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai GPS Yang Harus Kamu Tahu

Sebut saja misalkan untuk berselancar internet sudah ada Google Chrome. Namun sistem operasi hasil kustomisasi juga menyematkan Internet Browser racikan mereka sendiri seperti Mi Browser (Xiaomi) dan Samsung Internet Browser (Samsung).

Selain itu, yang membuat kesal adalah kebanyakan aplikasi tersebut tidak dapat di uninstall. Hal tersebut tidak akan kamu temukan jika menggunakan smartphone berbasis android stock.

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

4. Performa lebih cepat dan kapasitas memori lebih lapang

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Adanya bloatware pada smartphone hasil kustomisasi tentunya memberikan dampak pada berkurangnya kapasitas memori. Hal tersebut tentunya akan mengurangi performa dari smartphone kamu sehingga lebih lambat.

Selain itu, kamu juga tidak bisa menginstall aplikasi lain yang kamu butuhkan akibat memori sudah terpakai oleh bloatware tersebut.

Jika kamu menggunakan Android Stock, permasalahan di atas tidak akan kamu temukan. Pasalnya, kamu tidak akan menemukan bloatware yang akan menghabiskan jatah kapasitas memori. Alhasil, kapasitas memori smartphone kamu lebih lapang dan performanya lebih cepat.

5. Tampilan dan cara penggunaan yang mudah

Alasan Kamu Perlu Membeli Smartphone Dengan Android Stock

Smartphone dengan Android Stock ROM telah dikenal minim kustomisasi dari sisi tampilan hingga cara pemakaian yang sederhana. Sehingga sangat mendukung untuk bermain game nagapoker.

Hal tersebut tentunya tidak akan kamu temukan jika menggunakan smartphone hasil kustomisasi dari pabrikan tertentu. Bagi kamu yang sering mengalami kesulitan mengoperasikan smartphone android kustom, mungkin saatnya kamu mencoba beralih menggunakan smartphone Android Stock ROM.

Memilih sistem operasi pada smartphone android tentunya ada pertimbangan masing-masing. Salah satunya dengan memilih sistem operasi berbasis Android Stock tentunya menawarkan beberapa keuntungan. Bagaimana menurut kamu? Tertarik mengganti smartphone-mu menjadi berbasis Android Stock?

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *