7 Langkah Yang Paling Umum Untuk Mendapatkan Uang Dari Video Game

7 Langkah Yang Paling Umum Untuk Mendapatkan Uang Dari Video Game

7 Langkah Yang Paling Umum Untuk Mendapatkan Uang Dari Video Game – Salah satu bagian terbaik dari kehidupan adalah bermain video game. Ini merupakan aktivitas yang membawa kesenangan bagi siapapun yang terlibat di dalamnya itu luar biasa.

Menariknya lagi, di era teknologi yang maju dnegan pesat seperti ini. Video game tidak hanya bisa dijadikan sebagai rutinitas sampingan saja. Namun juga ladang untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Ini bahkan bisa berubah menjadi karir yang menjanjikan di kemudian hari, jika memang berjalan lancar.

Berikut ini kami bagikan 7 cara untuk mendapatkan penghasilan dari bermain video game. Yang bisa kalian coba jika kalian tertarik. Simak ulasannya.

1. Menjadi Live Streamer

Bermain game secara real-time dengan ‘dunia’ melihat itu, menjadi pengertian dasar dari apa itu live streamer. Ini pekerjaan yang sangat mudah di mana kalian hanya perlu duduk, bermain game, lalu mengoceh atau berinteraksi dengan audiens kalian.

Selain itu, ada banyak sumber uang dari pekerjaan ini, mulai dari iklan dari berbagai perusahaan yang tertarik dan uang donasi atau berlangganan dari streaming-service tertentu. Untuk saat ini, platform terbesar adalah Twitch, namun YouTube Gaming juga bisa dijadikan alternatif.

2. Menulis sebagai jurnalis game

Mengkombinasikan jurnalistik dengan video game, menjadi cara selanjutnya. Kalian bisa memulai ini dengan bergabung bersama situs yang telah ada atau meluncurkan situs sendiri. Dan mulai menulis berita, reviwew atau berbagai jenis konten jurnalistik lainnya.

Baca juga: Danger Alert, Inilah 8 Tanda Kesenanganmu Bermain Game Mulai Tidak Sehat

Jika kalian menulis untuk situs yang telah ada, kalian bisa mendapatkan penghasilan sebagai freelancer dengan bayaran per artikel. Sementara jika kalin tertarik untuk mengembangkan situs sendiri, maka penghasilan itu bisa datang dari monerisasi iklan atau donasi via Patreon.

3. Memebuat konten walkthrough atau tutorial

Ini masih memiliki kaitan dengan poin pertama. Hanya saja, ini tidak bersifat real-time dan lebih membantu ketimbang menjadi live-streamer. Memebuat video walkthrough atau tutorial di platform seperti YouTube, bisa membantu banyak orang.

Terutama gamer pemula, yang seringkali mendapati diri mereka ‘stuck’ di level atau misi pada beberapa game tertentu. Jika membuat video dirasa telalu sulit, kalian tetap memilih opsi lain dengan membuat panduannya secara tertulis atau menerbitkan panduan itu sebagai ebook.

4. Menjadi host atau podcast

Mulai cara ini dengan membuat podcast harian, mingguan atau bulanan dengan topik yang berkaitan dnegan video game. Ini bisa berupa diskusi dengan opini atau pendapat, sesi tanya jawab dengan gamer pro, tips atau saran untuk beberapa game tertentu dan banyak lagi.

Sama seperti YouTube, podcast juga bisa dimonetisasikan dengan iklan untuk mendapatkan penghasilan. Namun, format ini juga didukung untuk donasi melalui Patreon. Perlu dicatat bahwa profesi ini terbilang tidak mudah, karena membutuhkan ketekunan dan wawasan yang luas.

5. Menekuni profesi sebagai gamer profesional

Jika kalian memiliki skill atau keterampilan bermain game yang baik atau mungkin di atas rata-rata. Maka kalian bisa mencoba untuk terjun kedalam industri gaming sebagai gamer profesional. Kalin bisa bergabung dnegan tim esports, lalu mulai mengikuti turnamen dari situ.

Baca juga: Ini 5 Spesifikasi Unik Samsung Notebook Odyssey RTX 2080

Jika ini berjalan dengan baik, kalian bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari kemenangan di tiap turnaman atau sponsor. Di samping itu, beberapa gamer profesional juga seringkali menekuni profesi lain seperti live-streamer untuk penghasilan tambahan.

6. Menjadi game tester

Video game melewati banyak fase pengembangan dan ketika itu hampir selesai, developer biasanya akan merekrut orang luar untuk menguji game yang mereka buat. Sebagai game tester, tugas kalian adalah menguji segala hal yang diinginkan oleh developer termasuk mendokumentasikan bug atau masalah yang kalian temui.

Ini menjadi salah satu profesi yang menyenangkan, karena kalian tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan dari situ. Ini sederhana dan hanya membutuhkan ketelitian.

7. Memainkan game online dengan poin yang bisa ditukar

Situs seperti Swagbucks dan MyPoints menawarkan kesempatan bagi pengguna mereka, untuk memainkan beberapa game online, seperti, Super Plunko, Deal or No Deal Slots dan Bejeweled Blitz dengan imbalan berupa poin. Poin ini nantinya dikumpulkan terlebih dahulu, sebelum akhirnya ditukar dengan gift card atau uang tunai dengan pembayaran via PayPal.

Sama seperti game tester, ini juga menjadi salah satu profesi yang mudah untuk dilakukan. Namun dengan pendapatan yang tidak bisa dianggap remeh.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *