7 Kampus Ini Tawarkan Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

7 Kampus Ini Tawarkan Prodi Pendidikan Teknik Otomotif

7 Kampus Ini Tawarkan Prodi Pendidikan Teknik Otomotif – Pendidikan Otomotif merupakan program studi yang menyelenggarakan pendidikan bidang Teknik Otomotif untuk mengakomodasi kebutuhan guru teknik otomotif untuk Sekolah Menengah Kejuruan maupun instruktur di pusat-pusat latihan (training center) dan Enterpreneur.

Berbeda dengan prodi Teknik Otomotif, lulusan prodi Pendidikan Teknik Otomotif ini lebih disiapkan untuk menjadi guru atau pengajar, karena latar prodi ini adalah pendidikan bukan murni teknik.

Oleh sebab itu, para mahasiswa yang berada di prodi ini akan dibekali dengan pengetahuan tentang teknik otomotif, perawatan otomotif, ilmu pendidikan, dan lain-lain, namun tidak terlalu detail pembelajarannya tentang teknik otomotif sebagaimana prodi Teknik Otomotif.

Hanya ada 7 perguruan tinggi dengan prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Indonesia yang termuat hasil akreditasinya di lama resmi BAN-PT. Nah, 4 diantaranya telah terakreditasi A loh.

1. Universitas Negeri Malang

Sesuai yang dimuat oleh BAN-PT, Universitas Negeri Malang ini terakreditasi A untuk program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif dengan nomor SK: 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017. Akreditasi A tersebut berlaku mulai tahun 2017 sampai 18 April 2022.

Baca juga: Ini 11 Poin Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Mudik

Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang ini masuk ke dalam Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin. Total beban SKS kurikulum prodi ini yaitu 144 s/d 152 SKS. Mata kuliah yang dipelajari antara lain Peralaran Otomotif, Teknologi Motor Bensin, Teknologi Motor Diesel, Kelistrikan Engine, SIstem Kontrol Mesin, Perbaikan Bodi Kendaraan, dan lain-lain.

2. Universitas Negeri Makassar

Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Makassar (UNM) terakreditasi A dengan nomor SK: 4501/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 dan berlaku mulai tahun 2017 sampai 28 November 2022.

Tujuan dari prodi Pendidikan Teknik Otomotif di UNM ini di antaranya yaitu menghasilkan sarjana dalam bidang pendidikan teknik otomotif yang cerdas, kompetitif, mandiri, berjiwa kewirausahaan, dan berkarakter sehingga mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan berkiprah di tingkat internasional.

Mata kuliah dari prodi yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik ini yaitu diantaranya Material Teknik, Thermodinamika & Perpin Panas, Elektronika Otomotif, Modifikasi Sepeda Motor, Teknologi Alat Berat, dan lain-lain.

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terakreditasi A dengan nomor SK:0946/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 dan berlaku mulai tahun 2016 hingga tanggal kadaluarsanya pada 17 Juni 2021.

Jumlah SKS yang ditempuh oleh mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di UNY yaitu 148 SKS. Mata kuliah yang dipelajari antara lain Teknologi Otomotif Dasar, Listrik dan Elektronika Dasar, Termodinamika, Teknologi Sepeda Motor, Elemen Mekanik Otomotif, dan lain-lain.

Fasilitas yang tersedia untuk prodi terdiri dari Bengkel Engine, Bengkel Chasis, Bengkel Bodi & Cat, Bengkel Kelistrikan, Bengkel Sepeda Motor, Lab. Bahkan Teknil, Laba. Metrologi, Lab. Hidro-Pnuematik, Lab. Mekanika Fluida, Lab. Komputer.

4. Universitas Negeri Padang

Terkahir, ada Universitas Negeri Padang (UNP) dengan prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang terakreditasi A oleh BAN-PT. Nomot SK-nya yaitu 3283/SK/BAN-PT/Akred/S/XXI/2016 dan berlaku mulai tahun 2016 hingga 27 Desember 2021.

Baca juga: 6 Kesalahan Yang Kerap Dilakukan Bikers Saat Hujan

Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif ini bagian dari Fakultas Teknik di UNP. Prodi ini berfokus pada penyiapan tenaga kependidikan (guru) untuk SMK.

5. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo terakreditasi B dengan nomor SK: 2737/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016 dan berlaku mulai tahun 2016 hingga kaldaluarsanya pada 24 November 2021.

Universitas yang berlokasi di Jawa Tengah ini merupakan salah satunya perguruan tinggi yang berstatus swasta yang termuat hasil akreditasinya di lama resmi BAN-PT untuk prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif. Prodi S1 ini merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan.

Pada tahun 2017, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif (HIMATO) bersama prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Automotif Educative Zone 2017 dengan mengusung tema “Membangun Generasi Muda melalui Edukasi, Kreasi, dan Inovasi Otomotif”.

6. Universitas Negeri Semarang

Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini terakreditasi B dengan nomor SK: 275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 dan berlaku mulai tahun 2014 hingga 8 Agustus 2019.

Penyelenggaraan pendidikan prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif di UNNES ini didasarkan pada Surat Mandat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 1042/E/T/2011 tanggal 21 Juli 2011 tentang Penugasan Pembukaan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S1) dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/E/O/ 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif (S1) pada UNNES.

Mahasiswa prodi ini dibekali dengan cakupan kompetensi lulusan, diantaranya yaitu pengetahuan teknik otomotif, perawatan otomotif, teknologi otomotif, dan yang lainnya.

7. Universitas Negeri Medan

Terakhir, ada Universitas Negeri Medan dengan prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang terakreditasi B oleh BAN-PT. Nomor SK-nya yaitu 089/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015 dan berlaku mulai tahun 2015 hingga tanggal kadaluarsanya pada 14 Maret 2020. Prodi S1 ini bagian dari Fakultas Teknik.

Ketujuh perguruan tinggi di atas bisa jadi referensi pilihan untuk melanjutkan studimu sesusai lulus dari SMA maupun SMK. Perguruan tinggi mana yang menarik hatimu?

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *