6 Fakta Menarik Tentang IBM Simon, “Smartphone” Pertama Di Dunia

6 Fakta Menarik Tentang IBM Simon, "Smartphone" Pertama Di Dunia

6 Fakta Menarik Tentang IBM Simon, “Smartphone” Pertama Di Dunia – Smartphone merupakan perangkat cerdas yang hadir untuk dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari. Informasi, kebutuhan gaya hidup, bahkan belanja bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Penggunaan ponsel pintar memang sudah digunakan sejak lama. Tercatat, ponsel pintar pertama diperkenalkan sejak era 1990-an.

Ketika itu dua perusahaan Amerika Serikat, IBM dan BellSouth, menggabungkan teknologi PDA dan telepon seluler dalam satu perangkat elektronik bernama Simon.

Berikut ini adalah fakta menarik mengenai IBM Simon, dilansir dari laman Time:

1. Rilis 1992

IBM dan BellSouth menunjukkan Simon untuk kali pertama dalam ajang COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat pada 23 November 1992.

Sejak era itu, Simon tercatat sebagai smartphone pertama di dunia. Setelah diperkenalkan, produk ini akhirnya mulai dirilis ke publik pada 1994.

2. Besar dan Mahal

Ketika berhasil diperkenalkan dan dijual pada 1994, ponsel cerdas ini mencantumkan harga yang bisa dikatakan mahal. Pada waktu itu, perusahaan membanderol harga 900 dollar AS.

Baca juga: Samsung Galaxy A9 Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Namun, setelah itu, BellSouth menurunkan harga jual Simon menjadi 600 dollar AS.

3. Layar sentuh dan beberapa aplikasi

Simon yakin menjadi ponsel pertama yang tersedia secara komersial dengan layar sentuh, meskipun perangkat PDA sebelumnya telah memamerkan berbagai teknologi layar sentuh portabel.

IBM dan BellSouth menyertai Simon dengan sistem navigasi yang mudah dengan pensil stylus dan juga jari.

Ponsel ini tak memiliki toko aplikasi seperti App Store atau Play Store seperti smartphone terkini. Namun, saat itu Simon sudah dilengkapi oleh beberapa aplikasi seperti penyimpan kontak telepon, kalkulator, kalender, fax, email, pesan, notepad, alarm dan aplikasi permainan lain.

Saat itu, semua ini tak disebut aplikasi namun sering menyebutnya dengan fitur.

4. Fitur prediksi penulisan

Fitur canggih dalam Simon adalah “PredictaKey” yang bisa muncul ketika kita menuliskan pesan ataupun manual.

Dalam fitur ini Simon memberikan layanan kepada pengguna ketika menulis akan menunjukkan karakter apa yang anda butuhkan.

5. Bisa terhubung ke telepon rumah

Meskipun target utama dari Simon ini adalah untuk kalagan eksekutif yang fokus terhadap bisnisnya, namun penjualannya terbilang mengalami kesulitan. Ini disebabkan harga mahal yang dibanderol BellSouth.

Baca juga: Inovasi Ponsel Lipat Telah Muncul dan 9 Hal Ini Akan Kamu Rasakan

Namun, ada sesuatu yang unik dari ponsel ini karena pemilik bisa menghubungkannya ke kabel telepon rumah untuk melakukan panggilan tertentu.

6. Lahir cepat dan mati cepat

Simon menghabiskan enam bulan di pasaran dan berhasil menjual sekitar 50.000 unit. Dalam sebuah laporan, dijelaskan bahwa baterai Simon ini hanya bertahan satu jam saja. Terhitung boros jika kita mmelihat daya tahan baterai dengan harga yang mahal.

Karena faktor tersebut, IBM Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan. Kini, IBM SImon yang telah berumur 20 tahun dipajang dalam pameran Museum Sains London.

Meskipun istilah “smartphone” belum dikenal hingga 1995, karena fitur dan kemampuannya, Simon kerap dianggap sebagai smartphone pertama di dunia.

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *