5 Tips Menjaga Bodi Mobil Agar Tidak Kusam

5 Tips Menjaga Bodi Mobil Agar Tidak Kusam

5 Tips Menjaga Bodi Mobil Agar Tidak Kusam – Pemilik mobil harus dapat merawat bodil modal dengan ekstra hati-hati. Perubahan warna cepat terjadi tidak hanya dari kotoran saja, namun faktor lainnya seperti cuaca. Terlebih lagi, jika mobil dibiarkan mengering setelah diguyur hujan maka akan menimbulkan jamur ataupun kerak.

Jamur dna kerak ini dapat menurunkan kualitas cat. Apabila sudah muncul 2 masalah tersebut, pemilik mobil harus pergi ke salon mobil untuk ditangani oleh spesialis dengan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menghindari jasa salon mobil, terdapat beberapa cara agar bodi mobil tetap terlihat mengkilap. Berikut ini poin-poinnya, dikutip dari laman Toyota Indonesia.

5 TIPS MENJAGA BODI MOBIL AGAR TIDAK KUSAM

5 Tips Menjaga Bodi Mobil Agar Tidak Kusam

  • Mencuci Mobil Setelah Kehujanan

Lebih baik langsung dibersihkan setelah mobil diguyur hujan. Air hujan mengandung zat kimia yang dapat meminimalisir kilau mobil. Gunakan sampo mobil untuk mengembalikan warna cerah cat. Apabila tidak punya waktu untuk membersihkan mobil dengan menggunakan sampo, lakukan penyiraman saja di mobil anda sampai bersih.

Sebaiknya kalau mobil yang kehujanan langsung dibersihkan, walaupun air hujan tidak menyisakan kotoran pada bodi mobil. Kandungan zat kimi pada air hujan banyak yang meyakini untuk meminimalisir kekilauan mobil.

  • Gunakan Wax Setelah Mencuci Mobil

Terdapat cara lain yang terbukti bisa mengembalikan warna cat pada mobil kembali semula, yakni menggunakan Wax. Pemakaian Wax ini sudah terbukti aman tanpa merusak permukaan yang ada pada bodi mobil. Namun pengolesan wax perlu dan wajib untuk berhati-hati. Lakukanlah petunjuk yang sudah tertera dalam kemasan wax. Pemolesan bodi atau ax bisa saja dilakukan di rumah dalam jangka waktu yang minimal kurang lebih 6 bulan sekali.

  • Jangan Menutup Mobil Saat Masih Basah

Setelah mencuci, pemilik harus mengeringkan bodi mobil. Jangan sampai membungkus mobil saat mobil sedang dalam kondisi basah. Karena masalah seperti ini bisa menyebabkan susunan cat mobil menjadi pudar dan kusam.

Untuk dapat mempercepat proses dalam pengeringan, pemilik bisa menggunakan kain lap yang memiliki daya serap baik. Pemilik juga harus dapat memastikan terlebih dulu apakah kain tersebut terbuat dari microfiber, alasannya agar tidak terjadi pengelupasan pada lapisan cat mobil pada bodi mobil.

BACA JUGA: Body Mobil Menyimpan Energi Listrik Akan Menjadi Nyata

  • Compound Mobil

Perlu diingat bahwa pengolesan compound tidak hanya pada bagian yang terdapat baret atau goresan saja. Namun ke seluruh bodi mobil, termasuk di celah-celah sekalipun. Pemakaian compound ini sudah banyak yang meyakini bisa membuat cerah bodi mobil dengan cepat.

Namun diketahui, bahwa pemakaian compound ini juga tidak baik digunakan terus menerus karena bisa saja mengikis susunan cat yang ada pada bodi mobil. Oleh karena itu lebih baik menggunakan compound 3 sampai 5 bulan sekali.

  • Parkir Mobil di Tempat Teduh

Cara paling terakhir agar bodi mobil terlihat tetap kilat adalah dengan cara memarkirkan mobil didalam tempat yang teduh. Terlalu sering bodi mobil terpapar sinar matahari bisa merusak cat pada bodi mobil.

Penyebabnya adalah karena panas matahari yang tidak dapat terserap oleh warna cat yang ada pada bodi mobil, dan apabila bahan mobil yang terbuat dari pelat maka akan menyebabkan suhu panas meningkat pada bodi mobil. Radiasi sinar pada matahari juga berbahaya untuk bodi mobil. Banyak yang meyakini bahwa sinar matahati dapat merusak susunan cat yang ada pada bodi mobil yang dapat membuat cat mobil lebih cepat terlihat kusam.

Itulah ke 5 tips menjaga bodi mobil agar tidak kusam, semoga tips-tips yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *