5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Membeli Gadget dari Black Market

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Membeli Gadget dari Black Market

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Membeli Gadget dari Black Market – Jika ingin membeli gadget terbaru namun budget tidak mencukupi, tidak jarang orang-orang membelinya melalui black market yang tentunya menawarkan dengan harga murah. Harga yang ditawarkan bisa murah karena tidak dikenakan pajak ataupun tidak memiliki izin resmi untuk dipasarkan di suatu negara.

Baca juga: Memahami Implementasi dan Funsi NFC Pada Smartphone

Walaupun memiliki banyak keuntungan seperti harga yang murah, bisa membeli gadget sebelum diliris, gadget yang kamu beli dari black market juga memiliki kekurangan lho! Penasaran? Yuk kita simak!

1. Gadget tersebut tidak memiliki garansi resmi

Pasalnya barang yang dijual di black market biasanya merupakan barang yang tidak atau belum diliris secara resmi di suatu negara. Sehingga tidak jarang barang yang kamu beli tidak memiliki layanan garansi dalam negeri. Jadi bagi kamu yang merasa garansi merupakan hal yang penting, lebih baik tidak membeli dari black market.

2. Bakal susah kalau mendapat paket bundling

Paket bundling merupakan sebutan bagi gadget yang dijual sepaket bersama dengan layanan operator tertentu. Beberapa gadget dari black market yang dijual terikat kontrak dengan operator sehingga kamu tidak bisa menggantinya dengan sim card lainnya. Jika kamu membeli gadget seperti ini, kamu hanya bisa menggunakan sim card tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan.

3. Tidak diterima oleh service center

Jika gadge yang kamu beli dari black market rusak, tidak jarang service center akan menolak untuk memperbaikinya. Jika service center ingin memperbaikinya, kadang software dan sparepart tidak sama seperti di pasaran. Pada akhirnya kamu akan kesulitan untuk memperbaiki gadget kamu.

4. Keaslian yang tidak terjamin

Black market biasanya menjual produk asli yang didatangkan dari luar negeri, tetapi ada saja orang yang bukan menjual produk asli melainkan produk replika. Jika kamu masih baru dalam hal membeli barang dari black market, kemungkinan kamu membeli produk palsu juga semakin tinggi. Jika bukan menjual produk palsu, terkadang mereka menjual gadget gagal produksi yang diperbaiki. Sehingga tidak jarang gadget yang kamu beli tidak bisa awet.

5. Aksesoris yang tidak original

Biasanya, setiap gadget baru yang kita beli akan dilengkapi dengan charger dan headphone. Gadget yang kamu beli dari black market biasanya tetap dilengkapi namun tidak jarang barang-barang tersebut tidak original. Mulai dari charger yang tidak memiliki tegangan listrik sesuai dengan kebutuhan sampai headphone KW yang memiliki kualitas suara yang tidak jernih.

Baca juga: Menurut Studi Terbaru, Gadget Sebabkan Gangguan pada Otak Anak

Jadi, dibalik kelebihan dari gadget black market kamu juga harus mempertimbangkan kekurangannya juga ya!

Author: drum

Mimpimu tidak mempunyai tanggal kadaluarsa. Ambil nafas dalam dalam dan coba lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *