3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi

3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi

3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi – Sulawesi Tengah baru saja dilanda musibah berupa bencana alam. Gempa yang berkekuatan 7,7 SR ini mengguncang Kabupaten Donggala dan memicu gelombang tsunami sekitar 5 meter di Palu – menurut keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tidak hanya 2 kota besar tersebut yang porak poranda, bahkan Mamuju yang berada di Sulawesi Barat pun ikut terkena dampaknya. Belum pulih luka Indonesia sebelumnya, dampak gempa Lombok masih sepenuhnya stabil, khususnya para korban. Bahkan sebelum ibu kota Nusa Tenggara Timur itu digoyang gempa, Jawa dan Sumatera juga beberapa kali mengalami lindu dengan skala kecil.

Dilansir dari situs bnbp.go.id, gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan Bumi yang dikarenakan oleh tumbukan antara lempengan bumi, patahan aktif, aktivitas gunung berapi atau reruntuhan bebatuan. Ini semua murni karena faktor alam.

Akan tetapi dalam pertemuan American Geophysical Union di San Francisco pada 2013 lalum ahli geologi membahas mengenai ulah manusia yang telah menyebabkan gempa bumi di beberapa negara.

Meskipun secara definitif sulit untuk menghubungkan gempa bumi dengan aktivitas manusia, tetapi para ilmuwan telah menemukan bukti kuat dari sejumlah “kontribusi” manusia terhadap gempa. Berikut 3 di antaranya di beberapa belahan dunia, seperti dikutip dari Gizmodo.com, Selasa (2/10/2018).

3 ULAH MANUSIA YANG BISA MENYEBABKAN TERJADINYA GEMPA BUMI

  • Bendungan dan Waduk – Gempa Bumi Sichuan 2008, China

3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi

Waduk raksasa yang dibuat menjadi bendungan merupakan salah satu faktor dalam menginduksi gempa bumi. Contohnya saja kasus berikut di China. Pada 12 Mei 2008, Sichuan dilanda gempa hebat berkekuatan 7,9 SR (menurut USGS). Lindu terjadi pada pukul 14.28 waktu setempat (06.28 GMT). Dilaporkan bahwa getaran gempa terasa sampai ke Bangkok, Thailand.

Menurut laporan resmi pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, jumlah korban meninggal mencapai 14.866 jiwa per 14 Mei 2008. Akan tetapi berdasarkan data USGS, korban tewas mencapai 87.000 tewas.

  • Fracking – Gempa Oklahoma 2011, AS

3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi

Dalam 10 tahun terakhir, Negara Bagian Oklahoma, AS diguncang sejumlah gempa bumi misterius. Lindi itu terjadi dengan getaran halus dan kerap terjadi. Di beberapa kota, aktivitas seismik tersebut meningkat drastis. Pada tahun 2008, 2 gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 3 skala Ritcher pernah menimpa Texas dan sekitarnya, termasuk Oklahoma. Delapan tahun kemudian, lindu berkekuatan serupa terjadi sampai lebih dari 12 kali.

Rupanya, gempa itu bukan terjadi karena alam. Akan tetapi, manusialah penyebabnya dengan kecurigaan aktivitas tambang serta pembuatan dam. Selama 10 tahun tersebut, telah terjadi peningkatan ekstraksi gas alam di Negeri Paman Sam, termasuk fracking atau rekahan hidrolik, juga teknik lainnya yang menghasilkan banyak air limbah.

  • Gedung Pencakar Langit – Taipei 101, Taiwan

3 Ulah Manusia yang Bisa Menyebabkan Terjadinya Gempa Bumi

Salah satu bangunan tertinggi di dunia, menara Taipei 101 di Taiwan, dipuja-puja masyarakat luas karena dianggap sebagai “permata mahkota kota”. Gedung setinggi 509,2 meter ini dapat menahan angin topan dan juga gempa bumi.

Ironisnya, gedung yang seharusnya dapat menahan gempa bumi tersebut justru menjadi penyebab munculnya lindu. Menurut seorang ahli geologi Taiwan, Cheng-Horn Lin, penyebab munculnya lindu.

Menurut seorang ahli geologi Taiwan, Cheng-Horn Lin, penyebab utamanya adalah berat Taipet 101 yang mencapai 770.000 ton, sehingga memberikan terlalu banyak tekanan pada batuan sedimen lunak di bawahnya. Tekanan itu disebabkan oleh material bangunan berupa baja dan beton ekstra.

 

Baca Juga: 6 Planet Yang Paling Mirip Dengan Bumi

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *