Sinyal Indosat 4G Sudah Diperluas Sampai Sumatera Utara

Sinyal Indosat 4G Sudah Diperluas Sampai Sumatera Utara

Kalengdrum – Operator seluler Indosat Ooredoo meresmikan perluasan jaringan 4G Plus di Sumatera Utara, wilayah keempat perluasan jaringan Indosat Ooredoo tahun ini.

Sebelumnya, perusahaan bernuansa kuning itu telah melakukan perluasan jaringan 4G Plus di tiga daerah lainnya. Yakni Provinsi Lampung, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

“Sebagai komitmen kami di tahun 2018 untuk Indonesia, kami sudah meluncurkan jaringan 4G Plus di empat kota,” jelas Haroon S Hameed, Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, di kantor pusat Indosat di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

“Di tahun ini kami telah merilisnya di Lampung pada bulan April. Kemudian Banjarmasin dan Makassar pada bulan September dan kami sangat bangga meluncurkannya di kota keempat, yakni Medan pada hari ini,” imbuhnya.

Haroon mengatakan bahwa Indosat Ooredoo menempatkan 586 titik 4G Plus baru di Medan yang tersebar di 250 kecamatan dan 29 kabupaten.

Dengan perluasan jaringan ini, Indosat mengklaim bahwa 94 persen wilayah Medan terpapar jaringan 4G Plus. Naik dari persentase sebelumnya sebesar 38 persen.

Sinyal Indosat 4G Sudah Diperluas Sampai Sumatera Utara

Sinyal Indosat 4G Sudah Diperluas Sampai Sumatera Utara

Sementara untuk provinsi Sumatera Utara, Indosat sesumbar telah merengkuh 80 persen jangkauan populasi, naik dari sebelumnya sebesar 27 persen.

Jaringan 4G Plus yang digelar Indosat Ooredoo menerapkan metode Carrier Agregation (CA). Metode ini menggabungkan lebih dari dua frekuensi yang berbeda, misalnya frekuensi 1.800 dan 2.100 MHz.

Dengan menggabungkan frekuensi ini, kecepatan akses diharapkan akan meningkat. Kecepatan maksimal yang ideal untuk jaringan 4G Plus diklain mencapai 450 Mbps untuk kecepatan single user.

“Namun kecepatan yang diperoleh masing-masing pelanggan akan berbeda tergantung kondisi network,” jelas Joko Riswadi, Division Head RAN/Access NSAS Indosat Ooredoo.

Indosat akan terus melanjutkan program pengembangan jaringan 4G Plus di base transceiver station (BTS) yang sudah ada saat ini, hingga Februari 2019.

Indosat masih berambisi untuk menyebarluaskan jaringan 4G Plus ke seluruh Indonesia. Terutama di daerah terpencil yang belum terjamaah jaringan 4G Plus.

Saat ini, secara nasional, Indosat mengklaim bahwa jaringan 4G Plus telah mencapai cakupan populasi sebesar 80 persen, dimana 95 persen terpusat di Pulau Jawa.

“Di luar Jawa masih banyak sekali pasar potensial yang belum tersentuh,” imbuh Suhendri Naswil, 4G Project Indosat Ooredoo.

Ada tiga pendekatan yang disebutkan oleh Indosat untuk mencapai target 4G Plus dalam skala nasional. Yakni meningkatkan kapasitas dan juga kecepatan serta meningkatkan coverage dan meningkatkan kualitas.

 

Author: adminong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *