7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu! Secara umum, baterai laptop seharusnya mampu bertahan dalam waktu 2-5 jam saat dipakai tergantung pada beratnya aktivitas yang dilakukan.

Dan normalnya, umur baterai laptop adalah 3-5 tahun baru kamu wajar bial harus mengganti baterai. Tapi, akibat kebocoran waktu ini menjadi lebih singkat sehingga kamu jadi harus bergantung pada colokan.

Sadar atau tidak sadar, ternyata 7 kebiasaan ini dapat merusak dan mengurangi umur dari baterai laptopmu lho. Simak  penjelasannya berikut ini.

1. Tidak nge-charge laptop sesaat setelah dibeli

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

Laptop baru rasanya tidak sabar untuk langsung dipakai. Alhasil, kamu ngotot menggunakannya padahal baterainya belum cukup. Laptop dalam kondisi baru biasanya masih dalam kondisi baterai yang kosong atau sedikit terisi.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar laptop barumu di charge dalam kondisi mati selama minimal 4 jam agar baterai terisi penuh dulu.

2. Melepas baterai sembarangan

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

Kebanyakan orang sering melepas baterai laptopnya sembarangan. Padahal, laptop dalam kondisi disambungkan langsung dalam aliran listrik. Alih-alih ingin merawat baterai laptop, tindakan itu ternyata keliru lho. Mencopot baterai laptop sambil menghubungkannya dengan listrik justru akan merusak laptopmu.

Pasalnya, aliran listrik yang langsung menuju laptopmu belum tentu stabil dan bila mati tiba-tiba maka laptopmu juga akan mati. Kematian mendadak ini berisiko menyebabkan kerusakan hardisk dan beberapa komponen lain. Jadi sebaiknya, berhentilah mencopot baterai laptopmu sembarangan.

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

3. Menggunakan laptop hingga baterai habis total dan tidak mencabut colokan saat baterai sudah full

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

Karena mager buat nge-charge, jadinya tunggu sampai mati sekalian aja deh! Siapa nih yang suka begitu? Segera tobat ya. Sebelum habis total, biasanya laptop akan memberi peringatan dini agar kamu segera mengisi daya. Segeralah menghubungkannya dengan listrik dan jangan menunda.

Baca Juga: Kontrol via Suara MacOS dan 6 Fitur Terbaru Catalina Lainnya di MacOS

Selain itu, cabutlah aliran listrik saat lampu indikator menunjukkan baterai sudah penuh. Membiarkan listrik terus mengalir menuju baterai dapat membuat komponen baterai cepat rusak karena baterai terus dipaksa untuk menyimpan daya padahal kapasitasnya sudah terpenuhi.

4. Menggunakan laptop sambil dicharge

7 Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

Jika memang tidak urgent, jangan biasakan menggunakan laptop sambil di charge ya. Jika kamu masih ingin baterai laptopmu awet, sebaiknya hindari dan hilangkan kebiasaan yang satu ini. Menggunakan laptop sembari melakukan charging membuat bateraimu bingung karena harus mengeluarkan daya dan mengisi daya pada saat bersamaan.

Akibatnya, resiko kebocoran akan lebih besar. Charge laptop pada kondisi mati. Setelah dayanya terisi penuh atau dirasa cukup, lalu gunakan sebagaiman mestinya.

Hal Ini Yang Bikin Baterai Laptop Bocor, Segera Ubah Kebiasaanmu!

5. Settingan layar yang terlalu terang

Cahaya laptop yang terlalu terang bisa membuat konsumsi bateraimu lebih boros. Iya dong, memang dari mana asal cahaya laptopmu kalau bukan dari baterai? Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan kontrol pada settingan cahaya laptopmu agar pemakaian baterai juga bisa lebih hemat.

Tapi tetaplah bijak dalam mengaturnya karena cahaya yang terlalu rendah dan terlalu terang juga bisa berakibat buruk pada matamu. Be wise!

6. Membiarkan aplikasi yang tidak dipakai tetap terbuka

Bukan cuma hardware, coba perhatikan aplikasi pada laptopmu. Adakah kamu membiarkan aplikasi yang tidak terpakai tetap terbuka? Ini juga bisa membuat bateraimu cepat habis lho. Segera tutup aplikasi dominoqq yang tidak kamu pakai agar pemakaian daya baterai lebih efektif dan awet.

7. Charge pada colokan bercabang banyak

Yaps, mungkin tidak banyak yang tahu tentang satu ini. Saat pengisian baterai, usahakan kamu menggunakan colokan yang single. Jangan yang terminal dengan banyak cabang karena artinya aliran arus menjadi terbagi-bagi dan tidak stabil.

Pasokan listrik yang berubah-ubah atau tidak stabil tidak baik untuk baterai laptop karena besar arus yang masuk jadi tidak konsisten.

Jangan lupa di praktekannya ya, biar baterai laptopmu tetap awet!

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *