5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan FriendlySoftware emulator android akhir-akhir ini tampaknya menjadi lebih populer karena popularitas android yang terus berkembang.

Penggunam termasuk pengembang, biasanya menggunakan emulator android di PC mereka karena alasan yang bermacam-macam.

Ada pengguna yang menggunakannya untuk bermain game android di PC. Mencoba aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat android mereka. Dan tidak sedikit pengembang yang menguji aplikasi mereka melalui emulator sebelum merilisnya.

Karena ada banyak sekali emulator android di luar sana, artikel ini merupakan suatu rangkuman dari beberapa emulator android terbaik di PC dengan berbagai macam fitur yang berbeda.

1. Nox App Player

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

Nox App Player dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gamer di android. Emulator ini cocok digunakan untuk memainkan game-game berat android di PC, seperti PUBG Mobile atau Vaninglory.

Dengan emulator ini, pengguna juga dapat menjalankan aplikasi biasa dengan lancar dan menikmati pengalaman android secara keseluruhan. Software ini juga disediakan secara gratis tanpa embel-embel iklan didalamnya.

Baca Juga : Toko Aplikasi Alternatif Selain Play Store Yang Gak Kalah Lengkapnya

Fitue yang paling menarik yang dimiliki oleh emulator ini adalah fitur pemetaannya. Emulator Nox memungkinkan penggunanya untuk memetkan tombol keyboard, mouse dan gamepad. Pengguna juga bahkan dapat menetapkan tombol keyboard untuk mengakses fitur gestures yang biasa ada di android.

Pengguna dapat menentukan penggunana CPU dan RAM dalam opsi pengaturan untuk mendapatkan hasil penggunaan terbaik. Selain itu Nox App Player juga memiliki fitur root yang mudah diakses.

Nox App Player bisa kamu download melalui halaman resminya melalui Link ini.

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

2. BlueStacks

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

Emulator android terbaik di PC lainnya adalah BlueStacks. Emulator ini mungkin adalah emulator android yang paling dikenal dikalangan pengguna android. Bluestacks banyak digunakan penggunanya untuk bermain game, dan memiliki banyak fitur yang sangat mudah diatur.

Selain Play Store, pengguna memiliki opsi untuk mengunduh aplikasi yang dioptimalkan Bluestacks dari store aplikasinya sendiri.

Versi yang lebih baru, yang disebuat Bluestacks 4, mendukung pemetaan pada keyboard, namun tidak mendukung fitur gestures. Kelemahan utam dari emulator Bluestacks adalah iklan didalamnya yang dapat mengganggu.

Namun, BlueStacks menyediakan versi premium dari software untuk menghapus iklan tersebut dengan harga sekitar USD24.

BlueStacks bisa kamu download melalui halaman resminya melalui Link ini.

3. MeMu

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

MeMu relatif merupakan emulator pendatang baru jika dibandingkan dengan yang lain. Diluncurkan pada tahun 2015. MeMu Play sama seperti kedua emulator diatas, difokuskan untuk bermain game.

Untuk hal kecepatan, baik ketika bermain game atau menjalankan aplikasi biasa, emulator android ini memiliki nilai yang relatif sama seperti Nox dan BlueStacks.

Salah satu fitur terpenting dari emulator Android MeMu adalah dukungannya untuk chip AMD dan Nvidia. Meskipun MeMu dikhususkan untuk game berkinerja tinggi, kinerja grafisnya relatif buruk.

Pengguna akan melihat sedikit tekstur yang hilang dan tingkat kehalusan yang berkurang ketika bermain game dibandingkan dengan emulator lainnya.

MeMu bisa kamu download melalui halaman resminya melalui Link ini.

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

4. Ko Player

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

Sam seperti emulator game lain lainnya. Ko Player difokuskan untuk memberikan pengalaman gaming yang bebas lag pada penggunanya dengan software pre-install yang ringan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik Versi Google Play

Meskipun bisa didownload gratis, emulator ini menampilkan iklan didalamnya yang dapat mengganggu. Emulator ini juga sangat mudah untuk di install dan memiliki fitur yang mudah diakses. Selain itu pengguna juga dapat melakukan pemetaan pada keyboard dan gamepad.

Kelemahan dari emulator android ini adalah kebiasaannya yang suka nge-freeze secara tiba-tiba. Selain itu, Ko Player juga masih sedikit buggy dan menyulitkan pengguna untuk meng-uninstall emulator android ini.

Ko Player bisa kamu download melalui halaman resminya melalui Link ini.

5. Genymotion

5 Emulator Android Terbaik di PC Ringan dan Friendly

Emulator android terbaik di PC yang terakhir dari daftar ini adalah Genymotion. Emulator ini bukanlah emulator android yang kasual, melainkan Genymotion hanya ditargetkan untuk pengembang.

Emulator android ini memungkinkan pengguna untuk menguji aplikasi pada berbagai perangkat virtual dengan versi android yang berbeda. Emulator ini kompatibel dengan android SDK dan android studio. Genymotion bahkan dapat dijalankan di macOS dan Linux.

Meskipun emulator ini khusus dibuat untuk pengembang, emulator ini juga masih bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi biasa atau aplikasi untuk menunjang produktivitas pengguna. Namun, emulator ini sangat tidak cocok bagi pengguna yang ingin menggunakannya untuk kebutuhan gaming.

Sebagai tambahan, untuk mendapatkan versi premium Genymotion,  pengguna diharuskan untuk berlangganan dengan biaya sekitar USD136/tahun.

Genymotion bisa kamu download melalui halaman resminya melalui Link ini.

Catatan:
5 emulator android diatas merupakan kompilasi dari emulator android terbaik di PC. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai tambahan, sebelum pengguna menginstall emulator diatas, penting untuk dicatat bahwa emulator-emulator tersebut tidak benar-benar lepas dari bug. Dan mungkin dapat menghasilkan lag dari waktu ke waktu. Peforma emulator-emulator tersebut juga sepenuhnya akan dipengaruhi oleh spesifikasi PC pengguna.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *