3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah PenuhUntuk kamu pengguna ponsel Android dengan kapasitas terbatas. Biasanya akan kesusahan saat menginstal aplikasi baru. Jangankan install aplikasi baru, mau update aplikasi saja pasti gak bakalan cukup. Sedih kan?

Namun ternyata, ada cara “ajaib” lho yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang penyimpanan pada ponsel Android lebih lega meski kapasitas storage-nya minimalis. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama ulasan pada artikel dibawah ini.

1. Cara paling simpel, backup file pentingmu ke kartu memori!

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

Nah, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk melegakan storage pada ponsel Android-mu adalah dengan mem-backup-nya ke kartu memori.

Pindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori ekstrenal, supaya storage internal di smartphone bisa difokuskan untuk menyimpan update aplikasi.

Baca Juga : 2018, Lagu-Lagu Paling Banyak di “Googling” Orang Indonesia

Uniknnya, ada beberapa smartphone ternyata sudah mendukung pemindahan aplikasi juga ke kartu memori eksternal. Jadi, aplikasi-aplikasi yang kamu install di smartphone gak bakal tersimpan di storage internal tapi ke storage eksternal.

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

Sehingga smartphone bisa lebih lancar kalau dipakai karena gak ada aplikasi apapun atau file apapun yang tersimpan di dalam smartphone kamu.

Nah, biar kamu lebih paham gimana cara memindahkan aplikasi ke kartu memori ekternal. Adalah dengan membuka menu Apps atau App Manager lalu pilih aplikasi mana yang ingin kamu pindah ke memori eksternal. Lalu pilih tombol Move to SD Card. Dan secara otomatis aplikasi tersebut akan pindah lokasinya ke memory eksternal.

2. Setelah itu hapus semua file di folder .thumbnails

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

Jadi, kalau kamu sudah mem-backup file ke kartu memori eksternal maka langsung hapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau cache dari foto yang kamu ambil dengan kamera. Caranya adalah pilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture.

Baca Juga : 7 Medsos Jadul Yang Bikin Nostalgia Anak Gaul Tahun 2000-an

Selanjutnya masuk folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada didalamnya. Dijamin deh, smartphone akan lebih lancar lagi.

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

3. Jika cara diatas gak berhasil, bisa hapus file cache dari semua aplikasi

3 Cara Ajaib Menyiasati Storage Ponsel Android Yang Sudah Penuh

Kalau cara diatas kurang berhasil, maka kamu bisa melakukan cara berikut ini. Ya, kamu bisa melegakan storage ponsel Androidmu dengan menghapus file cache atau file yang sifatnya sementara di smartphone.

Meski cuma kecil dan sementara, cache itu terkadang memang memakan banyak kapasitas memori internal ponsel androidmu. Kamu bisa menghapusnya satu per satu cache dari aplikasi di storage ponsel android agar kapasitas penyimpanan lebih lega.

Nah, kalau kamu capek menghapus cache satu per satu maka kamu bisa menghapusnya sekaligus pakai aplikasi yang khusus bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache.

Contoh aplikasi pembersi cache yang bisa kamu install di ponsel androidmu adalah App Cache Cleaner atau CC Cleaner dan aplikasi pembersih cache lainnya.

Itulah guys, cara yang bisa kamu lakukan dan ikuti untuk melegakan storage pada ponsel Android secara ajaib. Segera praktikan deh, supaya smartphone tetap bisa lancar digunakan dan gak kepenuhan lagi saat mau update aplikasi atau mau install aplikasi baru!

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *